Perguruan Tinggi Turut Kembangkan Industri Kecil dan Menengah

Jakartakita.com – Menteri Perindustrian Saleh Husin apresiasi inisiatif kalangan perguruan tinggi untuk turut mengembangkan industri kecil dan menengah. “Saya yakin banyak riset dan teknologi terapan yang bermanfaat untuk industri kecil menengah,” kata Saleh, saat menerima Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA), Prof. Dr. Suyatno, dan Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr Gunawan Suryoputero di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Selama ini, Menperin menilai perguruan tinggi berperan penting dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam memajukan wirausaha. “Pengajar hingga mahasiswa tumbuh dalam lingkungan inovatif. Saya yakin banyak karya yang bisa diterapkan dalam memajukan industry kecil dan menengah,” papar Saleh.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah Kemenperin akan menindaklanjuti hasil pertemuan dengan pihak Universitas Muhammadiyah. “Ada beberapa program  yang dapat dilakukan dengan kerja sama. Misalnya dalam peningkatan kompetensi SDM, pemutakhiran teknologi, standardisasi, HAKI, dan promosi,” ujar Dirjen IKM, Euis Saedah, pada kesempatan yang sama.

Ke depan, wacana kerja sama Universitas Muhammadiyah dengan Kemenperin akan ditindaklanjuti dengan diskusi-diskusi yang lebih mendalam. Rencananya, Menperin dan Dirjen IKM juga akan hadir dalam Rapat Koordinasi Universitas Muhammadiyah se-Indonesia, pada 17-18 April 2015 di Mataram, NTB.

industri kecilkementerian perindustrianperguruan tinggisaleh husinuniversitas
Comments (0)
Add Comment