Komputer Mini Bernama ‘CHIP’ Siap di Pasarkan

foto: istimewa

Jakartakita.com – Next Thing Co, dikabarkan sedang menggalang dana lewat situs web Kickstarer untuk menciptakan sebuah komputer mini dengan nama CHIP. Komputer ini pun rencananya akan diberi lubang koneksi (port) yang lebih banyak dibandingkan MacBook terbaru yang berukuran 12 inci.

CHIP nantinya akan memiliki tiga port yaitu USB, Micro USB,  dan jack audio 3,5 mm. Tidak hanya itu, CHIP pun mediakan lubang SD card untuk memberi pilihan ekspansi media penyimpanan data.

Komputer mini seukuran kartu kredit ini dapat digunakan terhubung ke internet. Bahkan bisa juga digunakan untuk bermain game. Harga yang ditawarkan sangatlah murah, hanya dibanderol dengan USD 9, atau setara dengan Rp 117 ribu.

Dalam komputer ini sudah berjalan sistem operasi Linux, dan ada pula aplikasi pendukung Libre Office untuk memenuhi tugas perkantoran, aplikasi peramban Chrome, dan alat pengkodean Scratch, pemutar video VLC, dan aplikasi rekayasa gambar GIMP.

Prossesor dari CHIP berkecepatan 1 Ghz, memori RAM 512 MB dan kapasitas memori internal sebesar 4 GB. Dikabarkan juga, ada pula fungsi nirkabel seperti Bluetooth 4.0, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n. CHIP juga dapat dioperasikan bersama dengan keyboard, mouse, dan layar komputer.

Melihat keunggulannya dibandingkan MacBook, diharapkan CHIP dapat meramaikan pasar komputer ukuran kartu kredit, yang sebelumnya sudah diramaikan oleh Arduino, Raspberry Pi, Google Chromebit dan Intel Compute Stick.

CHIPkomputer miniLibre OfficelinuxNext Thing Co
Comments (0)
Add Comment