Pendaftaran SBMPTN Dibuka Mulai Hari Ini

foto: istimewa

Jakartakita.com – Bagi Anda yang pada pengumuman  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Sabtu (9/5/2015) kemarin dinyatakan tidak lulus. Anda masih bisa mencoba peruntungan untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lewat  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Segeralah mendaftar! Karena pendaftaran dimulai sejak hari ini.

Pendaftaran dibuka pada 11-29 Mei secara online di laman tersebut. Sementara itu, ujian tulis dan keterampilan dijadwalkan pada 9-11 Juni.

Peserta SBMPTN 2015 adalah siswa lulusan 2013, 2014 dan 2015 yang memiliki ijazah kelulusan atau setidaknya memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah.

Seperti halnya SNMPTN, peserta SBMPTN 2015 dapat memilih tiga kelompok ujian yaitu sains dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum) dan kelompok campuran. Peserta dapat memilih maksimal tiga program studi (prodi) dengan ketentuan tertentu.

Jika memilih tiga prodi saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek. Begitu juga dengan pilihan soshum. Namun, jika peserta memilih prodi saintek dan soshum, maka dia mengikuti kelompok ujian campuran.

Syarat pemilihan PTN juga sama dengan SNMPTN 2015. Jika hanya memilih satu prodi, maka kamu bisa memilih prodi tersebut di kampus negeri mana pun. Tetapi jika Anda memilih dua atau tiga prodi, maka satu kampus pilihanmu harus berada di wilayah ujian Anda.

Supaya lebih jelas, simak laman resmi SBMPTN 2015 yaitu www.sbmptn.or.id.

PTNSBMPTNSMASNMPTN
Comments (0)
Add Comment