Sambut Ramadan dan Lebaran XL Gelar Uji Jaringan

foto : istimewa

Jakartakita.com – Guna memastikan kesiapan jaringan dan layanan, sehingga kenyamanan pelanggan selama Ramadan dan Lebaran tetap terjaga dengan baik, PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar uji jaringan (net rally) secara serentak di lima wilayah operasional di Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan, Kamis (28/5/2015).

“Kenaikan trafik tidak hanya terjadi di Jawa, namun juga di berbagai  wilayah lainnya. Karena itu kami melakukan uji jaringan ini secara serentak di lima wilayah operasional XL, sekaligus untuk memastikan bahwa jaringan kami hingga ke pelosok daerah pun sudah siap sepenuhnya menyambut Ramadan dan Lebaran, di mana umat Islam akan banyak menggunakan layanan selulernya, baik Voice, SMS, maupun juga Data untuk bersilaturahim. Kami  akan siaga 24 jam sehari selama momen ini berlangsung,” ungkap Dian Siswarini, Presiden Direktur/CEO XL, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Kamis (28/5/2015).

Dian menjelaskan, saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 470 juta menit/hari. Sementara untuk trafik SMS adalah 525 juta SMS/hari, dan trafik data sebesar 500 Terabytes/hari.

Selama Ramadan dan Lebaran nanti diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik sekitar 5-10% untuk layanan voice atau telepon, 10-15% pada SMS, dan 20-30% di data, dibandingkan dengan trafik di hari biasa.

Kenaikan trafik terbesar akan terjadi pada layanan data, mengingat terjadi perubahan perilaku pelanggan yang semakin aktif menggunakan berbagai aplikasi sosial media, tidak hanya di kota besar namun juga di berbagai wilayah/pelosok daerah lainnya.

Kenaikan trafik relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Lampung, Sumatera Barat, dan Bangka, dengan rata-rata kenaikan sebesar 13%.

Secara umum, XL telah melakukan penambahan kapasitas, optimisasi jaringan, melakukan uji jaringan, dan penyediaan fasilitas mobile BTS (MBTS) di 25 titik, baik di jalur mudik, terminal, maupun pusat-pusat keramaian.

XL juga akan mempersiapkan petugas teknis untuk siaga selama Ramadan dan Lebaran baik di kantor pusat maupun di lapangan.

Di tahun ini, XL juga mulai mengoptimalkan pemanfaatan metode Data Network Analytics untuk pembangunan jaringan dan fokus pada pelanggan. Metode ini mempermudah XL untuk melakukan prioritas pengembangan jaringan, lebih fokus kepada pelanggan  dan memudahkan identifikasi hubungan sosial antar pelanggan dan antar area.

 

fasilitas mobile BTS (MBTS)net rallyPT XL Axiata Tbk (XL)Ramadan dan Lebaranuji jaringan
Comments (0)
Add Comment