Anies Baswedan: Guru Harus Lebih Melek Informasi di Media

foto: istimewa

Jakartakita.com – Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dikabarkan menyampaikan pernyataan khusus perihal dunia pendidikan. Ia meminta para guru untuk bisa lebih melek informasi yang ada di media massa saat ini, untuk bisa menularkannya ke murid – murid.

“Hari ini kita sudah banjir informasi, guru terlebih dahulu harus melek dengan informasi, sebelum menularkan ke murid – muridnya,” papar Anies, pada hari Senin (15/6/2015) di Padang, saat acara Gerakan Nasional Remaja Melek Media yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia berujar, guru harus terlebih dahulu membekali diri dengan kemampuan menganalisis berita dan informasi yang ada di media massa saat ini.

“Jika guru malas membaca informasi, maka jangan harapkan siswa juga membacanya, kalau guru tidak suka menulis, maka jangan harap siswanya akan keranjingan menulis,” tandas Anies.

Menurut Anies, orang tua dan para tenaga pendidik harus melek informasi. Oleh sebab itu, ia pun menganjurkan agar tiap – tiap sekolah berlangganan koran dan majalah.

“Kalau perlu langganan majalah bulanan, harian, dan segala bentuk media informasi, bukan hanya dari media lokal tapi juga internasional, sehingga para pelajar bisa melihat perspektif secara global juga,” tegas dia.

Mendengar permintaan dari Anies Baswedan, Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat dikesempatan yang sama pun mengimbau kepada seluruh sekolah di daerahnya, untuk berlangganan media massa minimal koran lokal dan nasional untuk melakukannya pada tahap awal.

“Dengan demikian pelajar jadi suka membaca dan cepat mengetahui perkembangan terbaru melalui koran lokal dan nasional itu,” tambahnya.

agar dapat berpikir secara globalanies baswedanberitacepat melihat informasidi Padanginformasiinternationalmajalah bulananmenghimbauMenteri Pendidikan dan Kebudayaansekolah - sekolah berlangganan koran lokaltenaga pendidik harus sering lihat koran
Comments (0)
Add Comment