City Gagal Menang, MU Selamat Berkat Rooney, Liverpool Alami Kekalahan

Jakartakita.com – Pekan ke-22 Liga Inggris menjadi pekan yang tidak memuaskan bagi Manchester City, Manchester United, maupun Liverpool. Hasil tidak maksimal diraih ketiga klub tersebut.

Menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Etihad pada Minggu (22/1/2017) dini hari WIB, City hanya mampu meraih hasil imbang 2-2.

City sempat unggul dua gol terlebih dahulu, lewat gol Leroy Sane (49’) dan Kevin De Bruyne (54’). Sane mencetak gol dengan sepakan kaki kiri, usai menguasai bola yang memantul dirinya dari sundulan kiper Spurs Hugo Lloris saat menghalau umpan lambung De Bruyne. Sedangkan gol De Bruyne tercipta dari hasil mencocor bola yang terlepas dari tangkapan Lloris terhadap umpan silang Raheem Sterling dari sayap kanan.

Tapi kemudian Spurs menyamakan kedudukan lewat gol-gol Dele Alli (58’) dan Son Heung-Min (77’). Alli menghasilkan gol dengan sundulan terhadap umpan silang Kyle Walker dari sayap kanan. Lalu Heung-Min mencetak gol penyama kedudukan dengan tendangan kaki kanan menuntaskan umpan tumit Harry Kane.

Striker Brasil berusia 19 tahun, Gabriel Jesus, tampil debut untuk City setelah masuk menggantikan Sterling pada menit ke-82. Gabriel baru menyelesaikan kepindahannya dari klub Palmeiras pada 19 Januari lalu, dengan kesepakatan pembeliannya senilai 27 juta pound sterling telah terjadi sejak Agustus lalu.

Dua menit berada di lapangan, Gabriel sempat menggetarkan jala gawang Spurs dengan sontekan kaki kiri menyambar bola umpan De Bruyne. Namun tak terjadi gol karena ia telah berada di posisi offside.

Sementara itu dalam pertandingan di Stadion Britannia, Wayne Rooney mencetak gol penyelamat MU dari kekalahan saat injury time babak kedua (90’+4’) melalui tendangan bebas akurat dari sayap kiri. Gol ini merupakan gol ke-250 Rooney untuk MU, membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak The Red Devils sepanjang sejarah. Ia kini unggul satu poin dari mantan pemain legendaris MU Sir Bobby Charlton.

Gol Rooney membuat kedudukan menjadi imbang 1-1, setelah Stoke sempat unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri gelandang serang MU Juan Mata (19’). Gol terjadi setelah umpan Erik Pieters di kotak penalti MU mengenai Mata lalu memantul kiper David De Gea sebelum masuk ke dalam gawang.

Bila duo Manchester masih meraih hasil imbang, maka Liverpool tumbang di stadion kebanggaannya, Stadion Anfield, pada Sabtu, dengan skor 2-3 dari tim tamu Swansea City. Sempat tertinggal dua gol Swansea yang dicetak Fernando Llorente (48’, 52’), Liverpool lalu menyamakan kedudukan lewat dua gol Roberto Firmino (55’, 69’).

Gol pertama dicetak Llorente dengan sepakan kaki kanan dalam kemelut di kotak penalti Liverpool dalam sebuah situasi sepak pojok. Gol kedua terjadi dari sundulan terhadap umpan silang Tom Carroll dari sayap kiri. Sedangkan gol pertama Firmino dari tandukan terhadap crossing James Milner dari sayap kiri, lalu gol kedua yang menyamakan kedudukan dihasilkan melalui sepakan kaki kiri setelah menguasai umpan lambung Georginio Wijnaldum.

Gawang Liverpool kemudian kembali dibobol Swansea, yaitu oleh Gylfi Sigurdsson (74’), dengan sepakan kaki kiri setelah menguasai bola hasil tekelan bek The Reds Ragnar Klavan dalam upaya menghalau si kulit bundar yang terlepas dari giringan Carroll.

Dengan hasil-hasil pertandingan yang telah terjadi di Liga Inggris tersebut, Spurs kini menempati peringkat kedua klasemen dengan 46 poin dari 22 laga. Liverpool turun ke peringkat tiga dengan tetap mengumpulkan 45 poin. City di urutan lima dengan 43 poin, disusul MU di posisi enam dengan 41 poin.

Stoke dengan tambahan satu poin dari hasil bermain imbang dengan MU jadi mengumpulkan 28 poin, masih bertengger di peringkat sembilan. Sedangkan tiga poin hasil mengalah Liverpool membuat Swansea naik ke peringkat 17 dengan 18 poin.

Hasil pertandingan Liga Inggris lainnya:
West Bromwich Albion 2-0 Sunderland
Darren Fletcher 30′, Chris Brunt 36′
Middlesbrough 1-3 West Ham United
Cristhian Stuani 27′ ; Andy Carroll 9′, 43′, Jonathan Calleri 90’+4′
Crystal Palace 0-1 Everton
Seamus Coleman 87′
AFC Bournemouth 2-2 Watford
Joshua King 48′, Benik Afobe 82′ ; Christian Kabasele 24′, Troy Deeney 64′

cityliga inggrisliverpoolmupertandingansepakbolaSpursstokeswansea
Comments (0)
Add Comment