Pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja Meninggal Dunia

foto : istimewa

Jakartakita.com – Pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia pada hari Sabtu (26/1/2019) pukul 19.43 WIB di usia 98 tahun.

Jenazah disemayamkan di rumah duka Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/1/2019), Managing Director Sinar Mas, Gandhi Sulistiyanto mengungkapkan, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang berada di Desa Marga Mulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dalam waktu yang akan ditentukan kemudian.

Mengutip Wikipedia, almarhum Eka Tjipta Widjaja lahir dengan nama Oei Ėk Tjhong di Quanzhou, Fujian, Tiongkok, 27 Februari 1921.

Pendiri Sinar Mas Group ini, merupakan salah satu konglomerat terbesar pada masa Orde Baru. Bank andalannya, BII atau Bank Internasional Indonesia, mendanai banyak usahanya yang lain, yang menjadikannya sebagai raja kopra pada waktu itu.

Pada tahun 2011, menurut Forbes, Eka Tjipta menduduki peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia, dengan total kekayaan US$8 miliar.

Kemudian pada tahun 2018, dia tercatat memiliki aset senilai US$13,9 miliar (Rp 201,5 triliun) dan menduduki peringkat kedua orang terkaya di Indonesia menurut penghitungan Globe Asia.

Sinar Mas Group saat ini bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estate, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur.

Belakangan, Sinar Mas juga memasuki ranah bisnis digital ventures.

Eka Tjipta Widjajajakarta pusatKonglomeratPendiri Sinar Mas GroupRSPAD Gatot Subrotorumah duka SentosaSinar Mas Group
Comments (0)
Add Comment