Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Bir Pletok Penghangat di Musim Hujan

44

Jakartakita.com : Musim hujan seperti ini enaknya duduk santai di beranda rumah sambil minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Mungkin bir pletok bisa menjadi pilihan Anda.

Ssstttt, jangan salah sangka dulu. Biarpun namanya bir, namun bir yang satu ini dijamin bebas alkohol dan halalan thoyiban. Lantas kenapa minuman langka khas Betawi ini bisa disebut ‘Bir Pletok’?

Alkisah pada zaman colonial, warga Betawi sering melihat para prajurit kompeni yang sedang kongkow di pos penjagaan sambil meminum bir untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya malam. Terbersitlah ide dari para warga Betawi ini untuk membuat minuman yang dapat menghangatkan tubuh namun halal untuk dikonsumsi warga Betawi yang mayoritas muslim ini. Maka dibuatlah resep bir pletok dari rebusan beraneka rempah yang dapat menghangatkan tubuh antara lain; jahe, kayu manis, sereh, kopi dan kayu secang.

Menurut keterangan Ibu Rosiah, seorang sesepuh perempuan Betawi, nama Bir Pletok sendiri awalnya muncul akibat bunyi ‘pletak… pletok…’ dari bumbung bambu berisi Bir Pletok yang dicampur dengan es batu, kemudian dikocok. Minuman ini tetap nikmat disajikan hangat maupun dingin.

Jadi Sobat Jakarta, bir ini halal untuk dikonsumsi. Karena pembuatan Bir Pletok ini  sama sekali tidak melibatkan proses fermentasi apapun, sehingga tidak mengandung alkohol. Justru minuman ini cukup ampuh dan berkhasiat mengusir dinginnya malam serta mencegah masuk angin saat musim hujan.

Ingin tahu cara pembuatannya? Ini dia resepnya.

Bahan :
1.500 ml air
150 gram jahe, bakar
150 gram gula pasir
50 gram gula merah, yang disisir halus agar mudah mencair
4 cm kayu manis
2 batang serai, memarkan
5 butir cengkeh
5 gram serutan kayu secang
5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
3 lembar daun pandan
1/4 buah pala, memarkan

Cara Pengolahan :
1. Rebus jahe, gula pasir, gula merah, kayu manis, serai, cengkeh, serai, kayu secang, daun jeruk, daun pandan, dan pala diatas api kecil sampai harum. Saring.
2. Sajikan hangat-hangat.

Resep ini cukup untuk 6 gelas. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: