Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Inilah Makanan Terbaik Saat Menstruasi

30

doc: ladycarehealth
doc: ladycarehealth

Jakartakita.com: Bagi sebagian besar wanita, masa menstruasi adalah saat yang berat. Saat hormon berubah drastis, kehilangan darah dapat menyebabkan sejumlah vitamin dan mineral dalam tubuh tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Seperti dilansir oleh livestrong, nutrisi berikut ini adalah asupan terbaik yang harus Anda penuhi dalam makanan untuk mengurangi gangguan menstruasi:  

Magnesium

Makanan yang kaya akan magnesium dapat mengurangi gangguan perut kembung, migraine saat menstruasi. Magnesium banyak terkandung dalam kacang almond, kacang mede, biji labu, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Mangan

Dr. Phyllis Johnson, peneliti dari U.S. Department of Agriculture’s Human Nutrition Research Center, menyarankan agar wanita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral mangan tinggi saat menstruasi. Mangan dapat mengurangi aliran darah menstruasi karena mineral mangan berperan dalam proses pembekuan darah. Makanan kaya mangan banyak terdapat dalam gandum, kacang-kacangan, nanas dan bulgur

Asam lemak esensial

Asam lemak esensial yang terkandung dalam ikan-ikanan, biji bunga matahari dan biji labu dapat mencegah keluhan kram saat menstruasi.

Zat Besi

Tubuh memerlukan zat besi dalam sel darah merah untuk transportasi oksigen, agar jaringan tubuh Anda tetap berfungsi dengan benar. Tanpa zat besi yang cukup dalam makanan harian, Anda dapat mengalami kelelahan, kinerja mental yang lambat dan suhu tubuh yang turun.

Jika Anda cenderung mengalami periode menstruasi yang ‘berat’, mungkin itu menjadi tanda Anda mengalami kekurangan zat besi. Untuk mencegahnya, makanlah makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi, seperti sereal, kacang kedelai, kacang merah, kacang hitam, tahu, bayam, kacang polong dan kismis. Kalau perlu konsumsi Sangobion Kapsul untuk mencukupi kebutuhan zat besi Anda selama menstruasi. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: