Take a fresh look at your lifestyle.

Mengenal MPASI dan Rekomendasi MPASI Anak Usia 6 – 9 Bulan

0 3,037
foto : Shutterstock

Jakartakita.com – Bagi Anda yang sedang hamil atau yang memiliki anak baru lahir, MPASI menjadi topik yang paling sering dicari di internet.

Pasalnya, ketika anak sudah berusia 6 bulan, anak perlu penunjang nutrisi lain selain Air Susu Ibu (ASI), yang notabene tersedia di beberapa jenis Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Tentunya, makanan ini harus disesuaikan dengan kemampuan bayi yang bisa ditakar berdasar usia mereka.

Menyikapi hal ini, melalui siaran pers, Jumat (26/1), aplikasi belanja online Titipku membagikan informasi seputar MPASI dan bagaimana seorang ibu harus menyiapkan MPASI untuk anak yang berusia 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan, dan 9 bulan.

Apa itu MPASI?

MPASI adalah makanan pendamping ASI yang diberikan ke anak ketika usia mereka menginjak 6 bulan.

Perlu diingat bahwa huruf P dari MPASI adalah pendamping bukan pengganti.

Artinya, MPASI perlu dikonsumsi berdampingan dengan pemberian ASI eksklusif, bukan berhenti memberi ASI lalu menggantinya dengan MPASI.

Berdasarkan World Health Organization atau WHO, MPASI ini wajib diberikan ke bayi agar mereka mendapat asupan nutrisi yang cukup sesuai dengan usianya. Pemberian ASI dan MPASI dapat mencukupi nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh secara fisik dan kognitif.

Dengan memastikan pemenuhan MPASI dan ASI ini, anak bisa bertahan hidup, cukup gizi, dan berkembang dengan baik.

Berdasarkan data WHO, usia anak 6 – 9 bulan adalah usia awal pengenalan MPASI. Pada usia ini, MPASI sebaiknya diberikan sebanyak dua kali per harinya dengan porsi yang disesuaikan. Jenis MPASI yang cocok untuk usia anak ini adalah MPASI berbentuk puree/bubur/makanan yang dihaluskan.

Rekomendasi MPASI Anak Usia 6 – 9 Bulan

MPASI 6 Bulan

Anak disarankan untuk mengonsumsi MPASI sejak 6 bulan. Namun, sebagai orang tua kita tidak bisa memaksakan begitu saja. Kita perlu mengenali tanda-tanda alami anak sudah siap mengonsumsi MPASI.

Beberapa tanda si kecil siap mengonsumsi MPASI adalah sebagai berikut:

·Bayi membuka mulut ketika disodori makanan

·Bayi memasukkan makanan ke mulut/memasukkan tangan ke mulut Jika tanda-tanda ini sudah muncul di diri anak, maka kita coba siapkan MPASI yang dicampur dengan ASI. Misalnya, siapkan bubur bayi yang dilumerkan dengan ASI. Coba berikan satu sampai dua sendok ke bayi. Jika bayi lahap mengonsumsi, maka bayi siap untuk secara reguler diberi MPASI.

Menu MPASI yang cocok untuk anak usia 6 bulan antara lain:

·Sup labu tanpa garam, gula dan MSG. Menu ini kaya akan vitamin A, C, E, dan berbagai mineral yang baik untuk menambah sistem kekebalan.

Related Posts
1 daripada 2,113

·Puree kentang dan wortel yang baik untuk kesehatan mata, membuat kenyang dan juga lebih berenergi.

·Puree buah naga yang dicampur dengan biskuit bayi. Sumber makanan bergizi yang rasanya manis dan gurih.

MPASI 7 Bulan

Saat anak memasuki usia 7 bulan, anak sudah mulai bisa dikenalkan dengan berbagai sumber protein hewani. Berikut ini beberapa menu MPASI yang cocok untuk anak usia 7 bulan:

Telur omelet lembut yang dimasak dengan sedikit olive oil. Ada baiknya untuk tidak memberikan garam di menu ini.

·Bubur ikan salmon dan jagung. Rasa manis dan gurih dari menu ini pasti disukai oleh banyak anak.

·Mashed potato yang disajikan dengan ikan shisamo. Ikan shisamonya digoreng dengan tepung tipis sampai matang renyah.

MPASI 8 Bulan

Di usia 8 bulan, anak sudah bisa dikenalkan dengan makanan padat namun teksturnya masih lembut, misalnya kentang dan wortel yang direbus lama.

Berikut ini adalah rekomendasi menu MPASI untuk anak usia 8 bulan:

·Sereal oatmeal sudah bisa diberikan sebagai konsumsi anak. oatmeal sendiri sebenarnya merupakan makanan untuk orang dewasa, namun bisa diberikan ke anak yang bentuknya bubuk. Larutkan bubuk oarmeal ini dengan ASI dan berikan ke anak ketika sereal oatmeal sudah mendingin.

·Bubur beras berah dan cincangan daging ayam. Makanan padat berupa daging ayam bisa ditambahkan di menu ini asal dicincang kecil, sehingga anak tidak sulit mengonsumsi dan mencernanya.

·Sup kentang dan wortel. Pastikan untuk memotong wortel dan kentang dengan ukuran yang lebih kecil dan rebus hingga teksturnya empuk.

MPASI 9 Bulan

Di usia 9 bulan, anak sudah bisa diberikan aneka camilan sehat yang teksturnya padat ataupun jeroan. Berikut adalah rekomendasi MPASI untuk anak usia 9 bulan:

·Nasi tim hati ayam. Pastikan hati ayam juga dipotong-potong ukuran kecil ya agar anak mudah mengonsumsinya.

·Camilan sehat berisi campuran biskuit dan buah. Caranya, lunakkan biskuit bayi dengan ASI atau susu formula, lalu tambahkan potongan buah apel dan pisang.

·Omelet telur ditambah nasi putih padat juga sudah bisa diberikan ke anak usia 9 bulan. Campurkan daging sapi cincang dan tahu ke dalam omelet agar nutrisi yang diterima anak bisa maksimal.

Itulah pengertian MPASI dan rekomendasi menu MPASI untuk anak usia 6 – 9 tahun.

Pastikan untuk mengolah bahan yang segar berkualitas untuk dijadikan MPASI agar nutrisi yang diterima anak bisa maksimal.

Adapun produk segar berkualitas ini bisa dibeli secara online lewat Titipku.

Tinggalkan komen