Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Efektif 1 Juni 2014, Jadwal KRL Jabodetabek Bertambah

36
dok: Wikipedia
dok: Wikipedia

Jakartakita.com: PT KAI Commuter Jabodetabek akan menambah jadwal perjalanan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line di seluruh wilayah Jabodetabek dengan penetapan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) yang mulai berlaku 1 Juni 2014. Gapeka merupakan perubahan dari tahun 2013 setelah jalur rel ganda di lintas utara Pulau Jawa rampung.Dengan selesainya rel ganda, waktu tempuh kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Jakarta maupun menuju Jakarta melalui jalur utara dapat dipersingkat.

Di mulai pada tanggal 1 Juni mendatang, akan ada penambahan perjalanan kereta menjadi 645 perjalanan kereta dari yang sebelumnya 589 perjalanan untuk setiap harinya. Nantinya, perjalanan KRL Jabodetabek tersebut akan beroperasi pada 56 loop, yakni dilayani dengan 56 rangkaian kereta.

Humas PT KCJ Eva Chairunisa saat ditemui di Kantor KCJ Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Senin (26/5/2014) menambahkan, unit terbesar untuk perjalanan kereta masih pada lintas Bogor/Depok. Pada lintas tersebut, terdapat 33 rangkaian kereta yang melayani 294 perjalanan kereta. Lintas Serpong dan Tangerang masing-masing melayani delapan rangkaian kereta untuk melayani 104 perjalanan dan tiga rangkaian kereta untuk melayani 62 perjalanan setiap harinya.

Penambahan perjalanan kereta juga akan dilakukan pada kereta non-komersial (feeder) dengan tiga rangkaian kereta untuk 68 perjalanan. Rangkaian feeder ini, kata Apriyono, akan melayani rute Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Duri-Kampung Bandan-Jakarta Kota (pergi-pulang). Selanjutnya lintas Jakarta-Bekasi dilayani 9 rangkaian kereta untuk 117 perjalanan per hari.

KCJ juga menjalankan 3 rangkaian kereta nonkomersial atau feeder yang melakukan 68 perjalanan setiap hari, melayani rute Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Duri-Kampung Bandan-Kota.

Penambahan jumlah perjalanan kereta rel listrik (KRL) tersebut dapat memperpendek headway atau waktu tunggu KAI Commuter Line (KCI). Karena penambahan jumlah perjalanan kereta hingga 56 perjalanan akan diikuti dengan perubahan jadwal KRL di Jabodetabek, yaitu KCL beroperasi mulai pukul 04.00 WIB sampai dengan 23.30 WIB mulai 1 Juni 2014i.

Dengan adanya penambahan perjalanan kereta di Jabodetabek, lanjutnya, maka perjalanan KRL dari Bogor menjadi setiap 5-6 menit, serta dari Bekasi dan Serpong setiap 10-15 menit. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: