Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Efektif 1 Juni 2014, 3 Koridor Transjakarta Beroperasi 24 Jam

49
dok: portalkbr
dok: portalkbr

Jakartakita.com: Setelah sempat tertunda beberapa lama, akhirnya rencana bus Transjakarta yang beroperasi 24 jam akan segera terlaksana. Pasalnya, mulai hari Minggu (1/6/2014) nanti, 3 koridor bus transjakarta akan beroperasi 24 jam.

Jika semula, bus Transjakarta hanya beroperasi hingga pukul 23.00, maka bus Transjakarta di koridor I (Blok M-Kota), koridor III (Kalideres-Harmoni), dan koridor IX (Pluit-Pinangranti) mulai hari Minggu (1/6/2014) akan menambah jam operasi dari pukul 23.00 hingga 05.00 pagi.

Kepala Unit Pengelola (UP) Transjakarta Pargaulan Butar-Butar mengatakan pihaknya telah mempersiapkan masing-masing 6 unit transjakarta yang akan beroperasi sebagai angkutan malam hari (Amari) di tiap koridor. “18 unit transjakarta itu untuk tiga koridor,” kata Butar-Butar, kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (30/5/2014).

Melalui uji coba penerapan Amari ini, pihak pengelola Transjakarta akan mengevaluasi sebelum diterapkan ke koridor lain. Lebih lanjut, UP Transjakarta menjelaskan berbagai alasan mengapa tiga koridor itu disediakan tambahan bus Amari. Ia melihat, banyak warga yang membutuhkan transportasi di ketiga koridor tersebut.

Atas penerapan bus Amari ini, UP Transjakarta tidak menambah gaji para pramudi. Hanya saja ia akan mengatur jadwal pengemudi yang bertugas di pagi dan malam hari. Sementara untuk harga tiketnya, harganya tetap Rp 3.500.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana mengoperasikan TransJakarta selama 24 jam mulai September 2013. Namun rencana itu batal dilakukan karena penambahan bus belum bisa dilakukan pada tahun 2013.

Adapun bus-bus transjakarta yang digunakan sebagai transportasi Amari menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar adalah bus Transjakarta keluaran tahun 2003 atau 2004 yang sudah direkondisi. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: