Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tahun Ini, Lebaran Digelar Serempak

22

Hisab 1 Syawal 1435Jakartakita.com: Walaupun pelaksanaan awal puasa Ramadhan berbeda satu hari, antara Muhammadiyah dan pemerintah. Namun, pelaksanaan hari raya Idul Fitri di Indonesia tampaknya akan dilaksanakan serempak.

Pasalnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1435 Hijriah, bertepatan dengan 28 Juli 2014. Menurut Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas, berdasarkan hasil hisab hakiki dari tim Iptek Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, ijtimak jelang 1 Syawal 1435 Hijriah terjadi pada Ahad, 27 juli 2014, pukul 05:43:39 detik WIB. Pada Ahad, kata dia, matahari terbenam di Yogyakarta terjadi pukul 17:38:59 WIB.

Menurut perhitungan tim ahli dari Muhammadiyah, umur bulan saat matahari terbenam adalah 11 jam 55 menit dan 20 detik. Sehingga, saat matahari terbenam bulan belum terbenam dan masih berada di ufuk.

Hisab hakiki merupakan metode perhitungan yang berpatokan pada gerak benda langit, khususnya matahari dan bulan, secara faktual. Sedangkan wijudul hilal adalah istilah penggambaran posisi matahari terbenam dan bulan terbenam.

Dari hasil hisab ini, diperkirakan tidak akan ada perbedaan antara 1 Syawal 1435 Hijriah yang ditetapkan oleh PP Muhammadiyah dengan tanggal yang ditetapkan oleh Pemerintah.(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: