Take a fresh look at your lifestyle.

Hacker Rusia Tergoda Hapus Video Justin Bieber di Youtube

0 890
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Seorang peretas asal Rusia menemukan sebuah ‘celah’ di YouTube, yang bisa membuat siapa saja bisa menghapus video apapun yang sudah diunggah ke jejaring milik Google tersebut.

Menurut Kamil Khismatullin sang peretas, sangat mudah untuk membodohi YouTube agar jejaring itu menghapus video dari sistemnya. Celah itu ditemukan oleh Hismatullin setelah menjelajahi kode di bagian pengaturan livestream. Kamil Hismatullin pun mendemonstrasikan bagaimana cara menghapus klip dalam waktu setengah menit.

Related Posts
1 daripada 267

“Saya menghabiskan waktu enam sampai tujuh jam untuk melakukan penelitian, selama beberapa jam saya berjuang mengalahkan godaan untuk menghapus saluran Bieber, haha,” ujar Hismatullin, seperti dilansir dari Business Insider.

Setelah menemukan ‘celah’ itu, Hismatullin melaporkannya ke Google. Ia memang sengaja mencari celah di YouTube, yang ia lakukan untuk berusaha memenangkan sejumlah hadiah uang dari Google.

Lalu Google pun memperbaiki masalah tersebut beberapa jam setelahnya. Dan Google mengganjar Khismatullin dengan uang sebanyak USD 5000 atau sekitar Rp 65 juta (USD 1 = Rp 13.000) atas penemuannya itu.

Tinggalkan komen