Take a fresh look at your lifestyle.

Kehadiran Ponsel Pintar, Tablet, Komputer, Hingga Konsol Game Telah Mengubah Perilaku Anak

0 1,030
gadget dan anak-anak
foto : istimewa

Jakartakita.com – Seiring perkembangan jaman, kemajuan teknologi dan informasi telah membawa perubahan signifikan terhadap perilaku dan gaya hidup di masyarakat modern saat ini.

Bahkan pada kenyataannya, kehadiran ponsel pintar, tablet, komputer, hingga konsol game yang kian populer dewasa ini, telah mengubah kebiasaan dan perilaku anak usia 5 hingga 16 tahun.

Seperti yang dilaporkan oleh lembaga riset Childwise yang berbasis di Inggris baru-baru ini, yang mengungkapkan bahwa anak masa kini rata-rata menghabiskan waktu 6,5 jam per hari untuk beraktivitas dengan gadget-nya.

Related Posts
1 daripada 6,570

Menurut laporan dari Childwise tersebut, apa yang dilakukan anak-anak 20 tahun lalu atau sekitar tahun 1995 tentu berbeda dengan anak zaman sekarang. Dulu, mereka hanya menghabiskan waktu rata-rata tiga jam per hari di depan perangkat berlayar, itupun hanya sebatas layar televisi.

Kini, di tahun 2015 rata-rata waktu yang terbuang tersebut telah tumbuh lebih dua kali lipat menjadi 6,5 jam. Anak remaja laki-laki adalah yang paling banyak menghabiskan sekitar 8 jam per hari untuk bermain gadget, sementara anak perempuan berusia delapan tahun menghabiskan 3,5 jam.

Sementara di tahun 2009 lalu, riset Childwise menunjukan rata-rata mereka menghabiskan 6 jam di depan layar dan sepertiga responden menyatakan mereka tak bisa hidup tanpa perangkat komputer.

“Perbedaan terbesar dari era 1990-an adalah televisi dan majalah menjadi satu-satunya media bagi anak-anak untuk terhubung dengan dunia luar. Kalau sekarang? Sudah ada perangkat yang jauh berbeda, seperti tablet, ponsel, konsol game. Dan mereka jadi lebih banyak menghabiskan waktu untuk itu,” ujar eksekutif penelitan Matthew Nevard, seperti dilansir situs DigitalTrends, belum lama ini.

 

Tinggalkan komen