Take a fresh look at your lifestyle.

Ahok Pangkas Jumlah Penerima KJP

0 962

Kartu Jakarta PintarJakartakita.com – Sebelumnya diberitakan anggaran Kartu Jakarta Pintar (KJP) tahun anggaran 2015 sebesar Rp 2,4 triliun, dari yang sebelumnya sebesar Rp 3 triliun pada tahun anggaran 2014. Namun yang terjadi sebenarnya adalah bukan dipangkas,  tetapi disesuaikan dengan jumlah calon penerima yang telah diverifikasi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan jumlah penerima Kartu Jakarta Pintar berkurang pada tahun ini. Pasalnya, berdasar penelusuran Dinas Pendidikan menunjukkan banyak kasus penipuan yang terjadi pada penerimaan bantuan sosial itu tahun lalu.

Kartu Jakarta Pintar masih disalurkan dalam bentuk tunai dalam anggaran sebelumnya. Temuan Dinas Pendidikan menyatakan uang yang diterima siswa langsung dibelikan peralatan yang tak berhubungan dengan kebutuhan sekolah. Ahok mengatakan pemberian Kartu Jakarta Pintar hanya bisa disalurkan melalui transaksi elektronik.

Related Posts
1 daripada 5,043

Pada 2015, penerima Kartu Jakarta Pintar berjumlah 489.150 siswa dengan anggaran senilai Rp 1,9 triliun. Sedangkan tahun lalu, siswa yang dibantu mencapai 570 ribu orang dengan anggaran Rp 668 miliar.

Meski berkurang, Ahok mengatakan nilai Kartu Jakarta Pintar tahun ini meningkat. Ia memaparkan, siswa SD menerima Rp 210 ribu dan siswa SMP memperoleh Rp 260 ribu. Siswa SMA dan SMK secara berturut-turut menerima Rp 357 ribu dan Rp 390 ribu. Semula, siswa SD memperoleh Rp 180 ribu dan siswa SMP mendapat Rp 210 ribu. Sedangkan siswa SMA memperoleh Rp 240 ribu.

Ahok masih mencari kemungkinan bila  sistem penyaluran Kartu Jakarta Pintar secara non-tunai berlaku permanen untuk mengurangi penyelewengan dana.

Tinggalkan komen