Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Chris Squire, Bassis Legendaris Ini Telah Berpulang Ke Rumah Bapa Di Sorga

178
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Dunia musik kembali dirundung duka, Chris Squire, pembetot bass dari grup band rock progresif asal Inggris, Yes, dikabarkan meninggal dunia di usia 67 tahun, pada hari Minggu (28/6/2015) tepat pukul 3 pagi pada waktu setempat. Musisi legendaris ini akhirnya menyerah atas penyakit myeloid leukaemia yang dideritanya selama ini.

Pria dengan nama lengkap, Christopher Russell Edward Squire ini merupakan salah satu pendiri grup band Yes pada tahun 1968. Waktu itu, sang vokalis, Jon Anderson secara tidak sengaja bertemu dengan pemain bass otodidak ini di sebuah bar di London.

Pertemuan ini pun akhirnya berbuah manis, Yes pun menjadi grup band yang paling harmonis secara musikal dengan bergabungnya gitaris Peter Banks, keyboardist Tony Kaye, dan drummer Bill Bruford.

Yes pun akhirnya merilis debut self-titled pada tahun 1969. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, karena formasi band berubah. Bank dan Kaye digantikan oleh Steve Howe dan Rick Wakeman, masing-masing memiliki gaya permainan yang hebat, dan akhirnya pada tahun 1971, kelompok prog rock tersebut menghasilkan album yang hits yakni, The Yes Album dan Fragile.

Chris Squire, sang legendaris ini pun dikabarkan terlibat dalam banyak solo proyek lainnya. Seperti pada tahun 1975, ia bergabung dengan LP Fish Out of Water yang sukses dipasar musik pintar.

Squire pun pernah mengadakan kerja sama bersama gitaris Billy Sherwood untuk proyek Conspiracy, yang mereka rilis pada tahun 2000 lalu.

Dilansir dari laman Rolling Stone, Chris Squire memang sangat dihormati di kalangan penggemar musik progresif. Sampai pada akhirnya ia didiagnosis dengan penyakit leukemia erythroid akut oleh dokter, yang membuatnya terpaksa harus absen dari tur konser Yes bersama dengan grup band Toto beberapa waktu lalu.

Grup band Yes, dan beberapa musisi lainnya merasa sangat kehilangan atas meninggalnya Chris Squire, melalui akun resmi Facebook dari Yes, Steve Howe menuliskan ‘tidak ada pemain bass hebat seperti dia, kami akan terus merindukannya’.

Diketahui pula sebelumnya, oleh karena permainan bassnya yang unik dan menginspirasi banyak pemain bass di dunia, nama Chris Squire pun akhirnya disematkan pada produk Fender, yaitu gitar bass Fender Squire, yang bentuknya hampir sama dengan Fender Jazz Bass yang fenomenal itu, namun bentuknya lebih shape/ramping.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: