Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kim Jong Un Mengeksekusi Disainer Bandara Baru Pyongyang

112
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Untuk menarik turis mancanegara dari Tiongkok dan Rusia, pemerintah Korea Utara pun akhirnya meresmikan terminal baru di Bandar Udara Pyongyang. Menjelang peresmian tersebut, pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, pun datang untuk memantau bandara terbaru tersebut.

Kim nampak senang melihat perkembangan pembangunan terminal tersebut bersama istrinya. Dengan jajaran toko perhiasan, kafe, dan kios obat-obatan, Kim akhirnya meresmikan terminal tersebut pada 1 Juli 2015 besok.

Namun, melihat foto – foto dari kunjungan Kim yang dipublikasi oleh media pemerintah Kortu, KCNA. Kim nampak tidak ditemani oleh perancang bangunan tersebut, Ma Won-chun.

Dilansir dari The Independent, setelah bangunan bandara tersebut jadi, Ma pun dikabarkan menghilang dari peredaran sejak tahun lalu.

Kim pun dikabarkan mengekspresikan ketidakpuasannya saat ia melakukan inspeksi pembangunan terminal kedua. Modifikasi yang dilakukan Ma tersebut pun akhirnya membuatnya dicopot dari posisinya di Departemen Perancangan dalam Komisi Pertahanan Nasional.

“Kecacatan dari rancangan pada fase terakhir konstruksi terminal dua disebabkan oleh karena perancang gagal menerjemahkan paham partai mengenai keindahan arsitektur. Yang harus menghadirkan karakter Juche dan identitas nasional,” ujar Kim Jong Un, seperti dikutip dari KCNA.

Semenjak saat itu pun Ma menghilang dari peredaran. Ma dikabarkan dieksekusi mati atas praktik korupsi yang dilakukannya. Tidak hanya itu, ia pun dinilai gagal merancang terminal bandara sesuai standar Kim.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: