Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia Asal Usul Nama Jalan Ampera di Jakarta Selatan

0 2,198
salah satu sudut jalan ampera raya
foto : istimewa

Jakartakita.com – Bagi Anda, warga Jakarta yang kerap beraktifitas di wilayah Jakarta Selatan, pasti mengenal fasih nama jalan Ampera Raya.

Kawasan itu sering macet karena padatnya arus lalu lintas yaitu dari arah Pondok Indah dan Ragunan menuju Kemang atau sebaliknya.

Di kawasan tersebut juga berdiri sejumlah bangunan penting seperti Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia dan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Zaenuddin HM dalam bukunya berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012 mengungkapkan asal-usul nama jalan Ampera tersebut.

Related Posts
1 daripada 5,701

Dalam buku tersebut dijelaskan, kata Ampera adalah akronim atau singkatan dari kata Amanat Penderitaan Rakyat.

Ampera adalah konsep pemikiran politik Presiden Soekarno yang intinya peduli dan membantu rakyat agar terbebas dari kemiskinan dan kemelaratan.

Bahkan pada 25 Juli 1966, Bung Karno membentuk Kabinet Ampera dan kepada Letjen Soeharto sebagai pengemban Tap MPRS No.IX/1966.

Untuk mengabadikan peristiwa sejarah dan politik itulah maka jalan raya tersebut diberi nama Jalan Ampera Raya.

Dahulunya, di awal berdirinya kota Batavia, kawasan Ampera masih berupa hutan lebat yang penuh dengan berbagai macam pepohonan.

Letaknya tidak jauh dari Ragunan, Pasar Minggu dan Kemang, yang pada masa lampau juga merupakan perkampungan.

 

Tinggalkan komen