Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Selamat Ulang Tahun ke-70, TNI!

90
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Hari ini, Senin (5/10/2015), adalah HUT TNI ke-70. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap tanggal  5 Oktober, perayaan ulang tahun TNI selalu diselenggarakan dengan meriah.

Dan untuk tahun ini puncak perayaan HUT TNI ke-70 akan digelar di Dermaga Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten. Perayaan ulang tahun ini juga akan dimeriahkan oleh pamer kekuatan TNI, seperti atraksi alusista, atraksi baris berbaris dan aksi akrobatik ratusan pesawat tempur milik TNI.

Tahukah Anda bagaimana awalnya HUT TNI dirayakan setiap tanggal 5 Oktober?

Asal mula TNI berawal dari dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang diketuai oleh Soekarno. Ketika itu, BKR terdiri dari para pemuda Indonesia dari berbagai macam golongan dan ideologi yang pada zaman penjajahan telah mendapatkan pendidikan militer, misalnya dari PETA (Pembela Tanah Air) dan Heiho.

Karena keterbatasan informasi, tidak semua wilayah di Indonesia terbentuk BKR. Meskipun demikian, para pemuda secara sukarela membentuk angkatan bersenjata sendiri di wilayah masing-masing untuk mengusir penjajah.

Melalui Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945, BKR ini kemudian diubah namanya menjadi TKR atau Tentara Keamanan Rakyat.

Tentara Keamanan Rakyat kemudian berganti nama menjadi Tentara Keselamatan Rakyat. Nama ini kemudian diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) pada Januari 1946. Barulah pada awal Juni 1947 Presiden Sukarno mengubah nama TRI menjadi TNI.

TNI ini pun pada tahun 1962 sempat berganti nama lagi menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Pergantian nama ini sendiri dengan alasan penyatuan organisasi angkatan perang dan kepolisian negara agar satu komando, sebagaimana yang dikutip dari website TNI www.tni.mil.id, Selasa (7/10/2014).

Pasca reformasi dan dicabutnya dwi fungsi ABRI, nama ABRI tidak berlaku dan tentara kembali berganti nama TNI sebagaimana yang kita kenal sekarang. Meskipun begitu, HUT TNI tetaplah tanggal 5 Oktober dan tidak berubah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: