Take a fresh look at your lifestyle.

10.000 Guru, Ratusan Siswa, Orangtua, dan Komunitas Ikutan Belajar Coding Di Acara Hour of CodeTM

0 1,085
Microsoft - Hour of CodeTM
foto : istimewa

Jakartakita.com – Sekitar 10.000 guru, ratusan siswa, orangtua, dan anggota komunitas berpartisipasi untuk belajar coding dalam acara Hour of CodeTM yang diselenggarakan mulai tanggal 7-13 Desember 2015 di berbagai lokasi di Jakarta.

Hour of CodeTM merupakan inisiatif global Microsoft bekerjasama dengan Code.org untuk mengajak masyarakat, terutama siswa dan guru, agar dapat mempelajari dasar-dasar coding dengan cara yang menyenangkan.

Tidak seperti coding pada umumnya, peserta Hour of CodeTM melakukan coding sambil bermain bersama dua karakter dalam Tutorial Minecraft, “Steven” dan “Alex”.

Peserta ditantang untuk menyelesaikan 14 level permainan dimana pada setiap level-nya mereka harus menavigasi karakter, menambang, membuat kerajinan,dan menjelajah dalam dunia 2D Minecraft menggunakan program editor visual berbasis blok (block-based visual). Melalui Tutorial Minecraft, partisipan mendapatkan pengalaman baru dan menyenangkan untuk belajarcoding layaknya bermain.

Citizenship and Community Affair Support Manager Microsoft Indonesia, Esther Sianipar, berharap Hour of CodeTM dapat meningkatkan akses anak-anak dan pengajar terhadap teknologi.

Related Posts
1 daripada 6,530
Hour of CodeTM - Microsoft
foto : istimewa

“Coding merupakan ‘pintu’ untuk proses penciptaan berbasis teknologi komputer. Dengan memperkenalkan coding melalui cara yang menyenangkan, kami berharap banyak talenta bidang teknologi bermunculan di Indonesia,” katanya, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Sebagai inisiatif global, Hour of CodeTM dilaksanakan serentak di 180 negara dan diikuti oleh lebih dari 100 juta siswa dengan Tutorial Minecraft yang diterjemahkan kedalam 40 bahasa.

Corporate Affairs Director, Microsoft Indonesia, Ruben Hattari, menilai pentingnya Indonesia menjadi bagian dalam Hour of CodeTM untuk memupuk kreativitas anak bangsa.

“Sebagai negara dengan sumber daya manusia yang banyak, kami percaya edukasi dibidang teknologi sangat perlu untuk ditingkatkan. Oleh sebab itu, Microsoft Indonesia menilai pentingnya Indonesia menjadi bagian dalam acara Hour of CodeTM,” tutur Ruben.

Selain menawarkan pengalaman belajar coding dengan cara berbeda, Hour of CodeTM juga mengajak public untuk menjadi fasilitator dalam acara ini. Siapa pun, dimana pun, dapat menyelenggarakan acara Hour of CodeTM dengan mengunduh Tutorial Minecraft.

Harapannya, pelajaran dasar coding dapat terus bergulir dan semakin banyak anak-anak muda yang menciptakan sesuatu berbasis teknologi komputer.

 

Tinggalkan komen