Take a fresh look at your lifestyle.

Akibat Cuitan Tentang Industri Kelapa Sawit, DiCaprio Terancam Dilarang Masuk Indonesia

0 775
foto: dok. TN Gunung Leuser
foto: dok. TN Gunung Leuser

Jakartakita.com – Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio baru-baru ini mengajak untuk mengupayakan pelestarian di ekosistem sekitar Taman Nasional Gunung Leuser, Indonesia. Namun imigrasi Indonesia malah mengancam untuk melarang DiCaprio untuk memasuki negara dan kawasan hutan.

Berawal ketika DiCaprio membuat kritikan di akun twitternya tentang pemerintah Indonesia karena gagal melindungi kelestarian alam di negara ini, bahkan secara khusus menyebut industri kelapa sawit  bertanggung jawab atas deforestasi dan efek merugikan lainnya di lingkungan.

Related Posts
1 daripada 3,301

Pihak berwenang di Indonesia tidak menanggapi cuitan DiCaprio tersebut dengan baik. Seperti yang dilansir Vanity Fair pada akhir pekan lalu, Heru Santoso, juru bicara Direktorat Jenderal Indonesia untuk Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, menyatakan bahwa pemerintah Indonesia sangat keberatan dengan pernyataan negatif tentang industri minyak kelapa sawit atau pemerintah.

Santoso memperingatkan, “Direktorat Jenderal dapat melakukan blacklist terhadapnya jika dia terus memposting hasutan atau pernyataan prvokatif di media sosialnya.”

Memang belum ada permintaan resmi yang telah dibuat, tapi Santoso mengatakan bahwa tindakan seperti itu akan benar-benar ditindaklanjuti secara hukum. (Irma Fauzia)

Tinggalkan komen