Take a fresh look at your lifestyle.

Sejumlah Tokoh Dunia Berikan Penghormatan Terakhir untuk Ali

0 1,014

aliJakartakita.com – Sejumlah tokoh dari berbagai kalangan telah memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang petinju legendaris dunia Muhammad Ali dalam acara penghormatan umum yang berlangsung di KFC Yum! Center, Louisville, Amerika Serikat, Sabtu (11/6/2016) atau Jumat (10/6/2016) waktu setempat.

Mereka yang turut memberikan eulogy termasuk mantan Presiden AS Bill Clinton, jurnalis Bryant Gumbel, komedian Billy Crystal, dan aktor Will Smith yang merupakan pemeran utama film “Ali”. Keluarga Ali diwakili anak perempuan Ali, Maryum Ali.

Seperti dilansir ESPN, ada sekitar 300 selebriti dan tamu kehormatan memberikan penghormatan terakhir kepada Ali, diantara total 15.000 orang yang hadir di KFC Yum! Center.  Aktor Arnold Schwarzenegger, Spike Lee, promotor Don King, mantan bintang NFL Jim Brown, aktris Whoopi Goldberg, Julia Roberts, mantan pebola basket Kareem Abdul-Jabbar, dan bintang sepak bola David Beckham juga ada di antara ribuan orang itu.

Related Posts
1 daripada 4,929

Presiden AS Barack Obama tidak bisa hadir dalam acara itu karena saat waktu bersamaan, ia harus menghadiri wisuda anaknya. Namun Obama mengirim pesan tertulis untuk mengenang Ali.

“Yang kita kenang hari ini bukan sekedar seorang petinju, atau penyair, agitator, atau tokoh perdamaian. Ia juga bukan sekedar seorang Muslim, seorang pria kulit hitam, atau orang Louisville, bahkan bukan juga hanya orang terhebat sepanjang masa. Ia adalah Muhammad Ali. Yang jauh lebih hebat dari itu semua,” tulis Obama.

Sebelumnya jenazah Muhammad Ali diarak keliling kota Louisville, di mana lebih dari 100.000 orang memenuhi jalan-jalan yang dilalui dalam prosesi perarakan. Kota Louisville merupakan kota kelahiran Ali, juga tempat ia. Jenazah Ali dimakamkan di Cave Hill secara Islam. Hanya ada satu kata tertulis di batu nisannya: “Ali”.

Muhammad Ali, tiga kali juara dunia tinju kelas berat dan juga tokoh perdamaian, meninggal dunia pada usia 74 tahun di Phoenix, Arizona, 3 Juni 2016. Menurut pihak keluarga, sebelum meninggal dunia, Ali telah merancang acara pemakamannya.

Tinggalkan komen