Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Inggris Ditahan Imbang Rusia

40
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Kemenangan Inggris di depan mata harus sirna dalam pertandingan Grup B Euro 2016. Menghadapi Rusia di Stade Velodrome, Marseille, Minggu (12/6/2016) dini hari WIB, tim St George Cross hanya meraih hasil imbang 1-1. Gol Eric Dier (73’) disamakan Vasili Berezutski di penghujung laga (90’+2’).

Inggris memulai laga dengan striker Harry Kane sebagai ujung tombak, didukung kapten Wayne Rooney, Raheem Sterling, Adam Lallana, Dele Alli, dan Eric Dier di lini tengah. Sedangkan kiper Joe Hart dikawal Chris Smalling, Gary Cahill, Danny Rose, dan Kyle Walker.

Tujuh menit laga berjalan, Lallana nyaris mencetak gol. Tapi sepakannya memanfaatkan umpan Walker bisa ditangkis kiper Rusia Igor Akinfeev keluar lapangan. Lima menit berselang, giliran Smalling mendapat peluang. Smalling yang ikut maju dalam sebuah situasi sepak pojok menyundul umpan silang Kane dari sayap kanan, tapi bola bisa dihentikan Akinfeev.

Peluang pertama Rusia dalam laga lalu tercipta pada menit ke-17. Tendangan bebas Oleg Shatov dari sayap kanan bisa ditanduk Sergei Ignashevich, namun mudah diamankan Hart.

Lima menit berselang, kerjasama Walker dan Lallana kembali menghasilkan kesempatan terciptanya gol untuk Inggris. Tapi kali ini tembakan Lallana melenceng dari sasaran. Pada menit ke-35 tendangan Rooney memanfaatkan umpan Alli ditepis Akinfeev. Sampai babak pertama usai, tak ada gol tercipta.

Sekitar 10 menit babak kedua berlangsung, Rooney mencoba peruntungannya dari tendangan bebas. Tapi bola yang diluncurkannya hanya melambung tipis di atas mistar gawang Rusia. Dua peluang Rusia kemudian dari Aleksandr Golovin dan Vasili Berezutski tak tepat sasaran.

Pada menit ke-62, Cahill menerima kartu kuning karena melanggar Artem Dzyuba. Tembakan Rooney pada menit ke-71 dapat ditangkis Akinfeev dengan gemilang, lalu bola rebound yang disambar Lallana melebar dari gawang Rusia.

Tak lama berselang, sebuah pelanggaran yang dilakukan Georgy Schennikov terhadap Alli berbuah kartu kuning kepada bek Rusia tersebut. Tendangan bebas dari pelanggaran ini lalu berbuah gol Dier, ia dapat melesakkan bola ke pojok kanan atas gawang Rusia dengan sepakan kaki kanan.

Pergantian pemain kemudian dilakukan Rusia pada menit ke-77, Roman Shirokov menggantikan Golovin. Setelah itu pergantian pemain dilakukan Inggris, Jack Wilshere menggantikan Rooney. Pergantian pemain kedua kemudian dilakukan Rusia pada menit ke-80, Denis Glushakov menggantikan Roman Neustadter.

Pada menit ke-84, Kane dilanggar Denis Glushakov di luar kotak penalti Rusia. Tendangan bebas dilakukan sendiri oleh Kane, tapi bola hanya melayang di atas mistar gawang lawan. Semenit setelah itu, pergantian pemain terakhir dilakukan Rusia, Pavel Mamaev menggantikan Fedor Smolov. Sedangkan pergantian pemain kedua Inggris terjadi pada menit ke-87, James Milner menggantikan Sterling.

Saat injury time berlangsung, gol penyama kedudukan dapat dihasilkan Berezutski. Berezutski yang ikut maju dalam sebuah situasi sepak pojok menyundul umpan silang Schennikov dari sayap kiri masuk ke pojok kanan atas gawang Inggris.

Hasil imbang yang terjadi membuat Inggris berbagi peringkat dua dan tiga klasemen grup dengan Rusia dengan satu poin. Wales berada di peringkat pertama setelah mengalahkan Slowakia 2-1 di Nouveau Stade Bordeaux pada Sabtu (11/6/2016).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: