Take a fresh look at your lifestyle.

Italia Tundukkan Belgia, Swedia Imbang Lawan Republik Irlandia

0 777
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Italia meraih hasil positif dalam laga pertamanya di ajang Euro 2016, Gli Azzurri menang dengan skor 2-0 atas tim kuat Belgia di Stade des Lumieres, Decines-Charpieu, Perancis, Selasa (14/6/2016). Gol-gol Italia dihasilkan Emanuele Giaccherini (32′) dan Graziano Pellé (90’+3′).

Kemenangan yang diraih Italia membawa mereka memuncaki klasemen Grup E dengan tiga poin, sedangkan Belgia yang kalah di urutan empat tanpa poin. Republik Irlandia dan Swedia berbagi peringkat dua dan tiga dengan satu poin, setelah bermain imbang 1-1 dalam pertandingan pertama Grup E yang berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, Perancis, Senin (13/6/2016).

foto: espn
foto: espn

Gol Republik Irlandia diciptakan Wes Hoolahan (48’), ia dapat menuntaskan umpan lambung Seamus Coleman dari sisi kiri kotak penalti Swedia dengan tendangan kaki kanan. Swedia lalu menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri bek Republik Irlandia Ciaran Clark (71’). Clark menyundul umpan yang diluncurkan kapten Swedia Zlatan Ibrahimovic masuk ke gawang timnya sendiri.

Di Stade des Lumieres, Belgia berpeluang unggul pada menit ke-10. Tendangan Radja Nainggolan dari luar kotak penalti Italia mengarah ke gawang, tapi masih bisa ditepis kiper Gianluigi Buffon keluar lapangan. Sepak pojok lalu dilakukan Kevin De Bruyne, bola hanya bisa disundul Marouane Fellaini ke sisi kiri gawang Italia.

Nainggolan kembali menghasilkan ancaman pada menit ke-22. Kali ini sepakannya tak tepat sasaran. Tujuh menit berselang, tembakan Pelle dari luar kotak penalti Belgia melenceng dari gawang Red Devils.

Italia akhirnya mendapat gol pada menit ke-32, dari upaya Giaccherini. Umpan akurat yang diluncurkan Leonardo Bonucci dari tengah lapangan dapat diterima Giaccherini di kotak penalti Belgia, ia lalu menaklukkan kiper Thibaut Courtois dengan tendangan kaki kanan.

Related Posts
1 daripada 7,083

Italia nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-35, tendangan geledek diluncurkan Antonio Candreva dari luar kotak penalti Belgia, namun masih bisa ditangkis Courtois hingga bola keluar lapangan. Dalam set piece tendangan sudut setelah itu, tandukan Pelle meneruskan umpan sundulan Marco Parolo tipis melebar dari gawang Belgia.

Di babak kedua, Italia terus menebar ancaman ke gawang Belgia. Pada menit ke-54 Pelle hampir menjebol gawang Belgia, ia dapat menanduk umpan silang Candreva dari sayap kanan, tapi Courtois sigap menepis si kulit bundar. Dua menit berselang, Eden Hazard mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti Italia. Tapi tendangannya masih mudah ditahan Buffon.

Setelah itu pertandingan lebih diwarnai dengan pergantian pemain dan pelanggaran, tercatat empat pemain Italia menerima kartu kuning. Baru pada menit ke-84 sebuah peluang mengarah ke gawang Belgia, tendangan Ciro Immobile dari luar kotak penalti dapat ditepis Courtois keluar lapangan.

Sedikit kemelut sempat terjadi di kotak penalti Italia setelah itu, bola yang gagal disundul Divock Origi mampir ke kaki Axel Witsel, tapi Witsel tak mampu menguasai si kulit bundar. Upaya Parolo membuang bola mengenai Bonucci, kemudian bergulir ke arah Buffon yang dengan mudah melakukan tangkapan.

Saat injury time, Pelle akhirnya menjebol gawang Belgia untuk menggandakan keunggulan Italia. Dalam sebuah serangan balik, umpan lambung Candreva dapat dituntaskan Pelle dengan tendangan first time menggunakan kaki kanan.

 

Susunan Pemain

Belgia: 1 Thibaut Courtois; 3 Thomas Vermaelen, 2 Toby Alderweireld, 5 Jan Vertonghen (booked 90’+1′), 23 Laurent Ciman (11 Yannick Ferreira-Carrasco 75’), 8 Marouane Fellaini, 4 Radja Nainggolan (14 Dries Mertens 62’), 6 Axel Witsel; 9 Romelu Lukaku (17 Divock Origi 73’), 10 Eden Hazard, 7 Kevin De Bruyne

 

Italia: 1 Gianluigi Buffon; 19 Leonardo Bonucci (booked 78′), 3 Giorgio Chiellini (booked 65′), 15 Andrea Barzagli; 23 Emanuele Giaccherini, 18 Marco Parolo, 16 Daniele de Rossi (10 Thiago Motta 78’(booked 84′)), 4 Matteo Darmian (2 Mattia De Sciglio 58’), 6 Antonio Candreva; 17 Éder (booked 75′)(11 Ciro Immobile 75’), 9 Graziano Pelle

Tinggalkan komen