Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Perancis Juara Grup A, Swiss Runner-Up

64

Euro 2016Jakartakita.com – Perancis memastikan diri lolos ke perdelapan final Euro 2016 sebagai juara Grup A setelah bermain imbang 0-0 saat melawan Swiss dalam pertandingan yang berlangsung di Grand Stade Lille Metropole, Perancis, Senin (20/6/2016) dini hari WIB.

Hasil imbang itu membuat Perancis memuncaki klasemen akhir grup dengan tujuh poin. Swiss menemani Perancis melenggang ke 16 besar sebagai runner-up grup dengan lima poin.

Albania menjaga peluang lolos ke perdelapan final sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik grup dengan mengalahkan Rumania 1-0 di Stade des Lumières, Decines-Charpieu, di saat bersamaan laga Perancis lawan Swiss. Gol Albania dihasilkan Armando Sadiku (43′), yang dicetak lewat sundulan terhadap umpan silang Ledian Memushaj dari sayap kiri.

Albania menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup A dengan tiga poin. Sedangkan Rumania tersingkir karena menempati peringkat empat dengan hanya satu poin dari tiga laga grup.

Dalam pertandingan melawan Swiss, pelatih Perancis Didier Deschamps memberi kesempatan kepada trio Kingsley Coman, Antoine Griezmann, dan Andre Pierre-Gignac menjadi starter di lini depan. Griezmann dan Gignac sama-sama sekali menciptakan peluang ke gawang Swiss yang dikawal kiper Yan Sommer.

Sedangkan lini tengah Perancis diperkuat Paul Pogba, Yohan Cabaye, dan Moussa Sissoko. Pogba beberapa kali mengancam gawang Swiss di babak pertama, dua tendangannya (12’, 13’) bisa ditepis Sommer keluar lapangan. Sedangkan satu sepakannya menerpa mistar gawang (17’).

Di babak kedua, dua pergantian pemain dilakukan Deschamps. Dimitri Payet menggantikan Coman (63’), sedangkan Blaise Matuidi menggantikan Griezmann (77’). Sebuah tendangan Payet (75’) memanfaatkan umpan silang Sissoko menerpa mistar gawang Swiss.

Swiss sebetulnya menguasai bola lebih dominan, sekitar 59 persen dari waktu pertandingan. Tapi gagal sekalipun mengarahkan tembakan ke gawang Perancis yang dikawal kiper Hugo Lloris.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: