Take a fresh look at your lifestyle.

Pemerintah Bakal Segera Sertifikasi Seluruh Tanah di Jakarta

0 1,605

foto: istimewa

Jakartakita.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Negara  Sofyan Djalil bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sepakat mempercepat sertifikasi seluruh bidang tanah di Jakarta. Percepatan proses sertifikasi Jakarta ini merupakan bagian dari program sertifikasi nasional yang sedang dicanangkan.

Related Posts
1 daripada 4,929

Dalam keterangan persnya, Kamis (11/8/2016), Sofyan memaparkan kalau 60 persen masyarakat Indonesia belum memiliki sertifikasi tanah. Khusus di wilayah DKI Jakarta, ada 20,64 persen atau sekurangnya 292.655 bidang tanah yang belum terdaftar ataupun memiliki sertifikat.

Sofyan Djalil mengatakan DKI Jakarta menjadi salah satu dari tiga daerah yang akan melakukan ujicoba pemetaan aset tanah. Daerah lainnya adalah Surabaya dan Batam. Seluruh lahan yang ada di daerah itu akan dipetakan dan dicatat lahan-lahannya.

Sofyan menyebutkan kendala dalam pelaksanaan uji coba ini adalah kurangnya jumlah juru ukur tanah. Untuk mengatasinya, kementerian akan menunjuk juru ukur dari pihak swasta. Syaratnya, juru ukur tersebut bersertifikasi dan akan disumpah. Nantinya BPN hanya melakukan QC atau quality control.

Tinggalkan komen