Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

KPK Gencar Lakukan OTT, Airin : Yang Dibutuhkan Proses Pencegahan, Bukan Penindakan

381
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Airin Rachmi mengungkapkan, bahwa saat ini, Kepala Daerah hingga Kepala Dinas di setiap daerah sedang mengalami ketakutan luar biasa terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sedang gencar melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

“Kan ini yang menjadi ketakutan di semua daerah. Sebaiknya saran kami, Inspektorat kita dibenarkan dan secara kualitasnya di tingkatkan, yang dibutuhkan proses pencegahan dan bukan penindakan,” tegas Airin, di sela-sela seminar Prospek Ekonomi 2018: Menggali Potensi Daerah di Kampus Pertamina Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Airin yang juga Wali Kota Tangerang Selatan menuturkan, di daerah Tangsel, seorang kepala dinas mundur ketika disuruh melakukan kajian terhadap pengelolaan barang dan jasa di wilayahnya.

Meski demikian, ia sendiri mengaku tidak takut dengan KPK.

“Kami sebenarnya tidak takut dengan KPK, tetapi kami sudah di awasi 8 lembaga seperti, Inspektorat kita, BPK, Ombudsman, KPK, Polisi, Kejaksaan, BPKP, Komnas Ham. Semuanya lah udah cukup banyak,” jelasnya.

Namun yang jadi pertanyaan, lanjut Airin, “Bagaimana kita melakukan kegiatan untuk meningkatkan pendapatan daerah jika pengawaan begitu ketat?”

Oleh sebab itu, ia berharap, para kepala daerah mampu mengetahui apa yang menjadi potensi di daerahnya masing-masing.

“Sehingga kita bisa tahu kebutuhan dan kemampuan daerahnya. Dari situ, kepala daerah dapat meningkatkan pertumbuhan daerahnya,” ungkapnya. (Edi Triyono)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: