Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Racun Laba-Laba Bisa Diolah Menjadi Obat Penghilang Rasa Sakit

328

laba-labaJakartakita.com – Para peneliti di Lembaga Biosains Molekuler di University of Queensland, Australia, yang telah menganalisis 206 racun spesies laba-laba, mengidentifikasi tujuh senyawa di antara ribuan sampel-sampel racun yang memiliki kegunaan menghalangi sinyal-sinyal rasa sakit mencapai otak manusia. Penemuan mereka tersebut telah diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology.

’’Jika kami dapat mengekstrasi racun-racun itu dan dan mengubahnya menjadi obat, maka orang-orang tidak akan merasakan stimulasi dari syaraf-syaraf yang biasanya menyebabkan rasa sakit, ‘’ ujar Julie Garb, seorang peneliti laba-laba di departemen biologi University of Massachusetts di Lowell, seperti dikutip healthscience
baru-baru ini.

Diperkirakan ada sembilan juta protein dalam racun 45.000 spesies laba-laba di dunia. Hanya sedikit sekali, 0,01 persen, dari peptida itu yang sejauh ini telah diselidiki untuk aktivitas biologinya, menurut Garb.

’’Namun mungkin hanya ada satu komponen yang memiliki dampak medis positif dan berguna, jadi mereka mencoba mengisolasi dengan tepat apa itu. Jadi jika kami tahu secara tepat apa itu, maka kami dapat memproduksinya sebagai obat,’’ ujarnya.

Para ilmuwan Australia menyebutkan bahwa teknik yang mereka gunakan untuk menyaring racun laba-laba dapat digunakan untuk menguji senyawa-senyawa lain, mengidentifikasi racun-racun yang berguna untuk dapat digunakan membuat obat baru.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com