Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia… Tips Membuat Ikan Tombur (Makanan Khas Batak)

3,838
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pernah dengar tombur – tombur, atau pernah makan ikan saus tombur? Makanan khas Batak ini rasanya sangat nikmat, bisa membuat lidah Anda jumpalitan tidak karuan. Apalagi kalau disantap dan dipadu dengan sambal rias , kemiri dan andaliman. Sudah pasti membuat kalian ‘Halak Hita’ (orang Batak) akan rindu dengan kampung halaman di Danau Toba.

Tombur sendiri adalah bahasa Batak yang berarti ‘rebus’. Padahal, dalam evolusinya hingga kini, yang dimaksud ikan tombur bukanlah ikan yang direbus atau dikukus.

Tombur merupakan masakan tradisional yang dipakai para nelayan di Tapanuli untuk menyantap ikan dengan cara sederhana namun nikmat. Ikannya bisa dibakar atau digoreng, tetapi semua bumbu-bumbunya direbus yang kemudian dihaluskan dan disiramkan ke atas ikan bakar, atau goreng tersebut.

Versi masa kini ikan tombur sudah agak berbeda secara penampilan. Namun, sensasi gurih pedas dari masakan khas ini tetap bertahan. Bumbu-bumbunya kini bisa ditumis, lalu disiramkan di atasnya. Agak mirip dengan pla rad prik (masakan khas Thailand populer), tetapi jauh lebih gurih tombur khas Batak pastinya.

Tombur (na tinombur), memiliki citarasa yang sangat kompleks. Bumbu-bumbunya adalah andaliman, bawang merah, kemiri, jahe, jeruk nipis. Semua ditumbuk halus, sehingga menciptakan rasa nutty yang gurih. Pedas getirnya andaliman yang khas pun akan membuat lidah kita bergetar dan ketagihan. Siak nai! Pedas sekali!

Sayang menu ikan tombur kini tidak banyak lagi tampil di lapo maupun rumah makan Tapanuli, khususnya di Jakarta. Satu-satunya restoran Tapanuli yang pernah menyajikan ikan tombur kini sudah tutup. Semoga lapo-lapo Batak di Jakarta bisa mulai memperkenalkan lagi ikan tombur ke konsumen ibu kota Jakarta. Karena, terlalu jauh bagi orang rantau di Jakarta untuk pergi ke Medan atau Parapat, Danau Toba hanya untuk mengejar masakan favorit ini.

Berikut cara membuat ikan tombur (na tinombur) yang sudah langka itu,

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

400 gram ikan lele sedang (3 ekor) dicuci bersih – lele bisa diganti dengan ikan mas, mujair bisa juga dengan ayam bakar/goreng. sesuai selera Anda.

1 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh garam

Sambal:
1 sendok makan air jeruk nipis

Bumbu Halus:
8 buah cabai merah
1/4 sendok teh andaliman
75 gram bunga kecombrang, diiris kasar, rebus sebentar
1/2 sendok teh garam
6 butir bawang merah, dibakar
2 butir kemiri, dibakar
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Pengolahan :

1. Potong – potong lele. Rendam dalam air jeruk nipis dan garam. Diamkan 30 menit. Sisihkan.
2. Bakar di atas bara api sampai matang sambil diolesi sisa air perendam. Sisihkan.
3. Sambal: aduk rata bumbu halus dan air jeruk nipis.
4. Sajikan ikan lele bakar dengan sambal.

Untuk 8 potong

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: