Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Sekolah Terunik Di Dunia

202
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Sekolah merupakan aset sebuah negara untuk menciptakan generasi – generasi yang handal dan mampu bersaing secara global di masa mendatang.

Tidak dipungkiri oleh kita semua, kalau sektor pendidikan merupakan aset utama sebuah negara, dan penentu baik atau buruknya kondisi negara tersebut nantinya.

Anda pastinya masih ingat bagaimana Anda melewati masa – masa belajar di sekolah dahulu. Mungkin yang langsung terbayang adalah ruang-ruang kelas, pelajaran yang membosankan seperti Fisika, Matematika, Kimia, Pendidikan Moral, Agama, Sejarah, dan lainnya.

Belum lagi tugas-tugas yang berat. Mau tidak mau kita harus mengakui bahwa pendidikan di Indonesia masih sangat kaku. Pasalnya sistem pembelajaran sekolah – sekolah di Indonesia sangat menuntut para siswa-siswinya menjadi jenius dan piawai dalam segala bidang.

Bayangkan saja, sehabis mata pelajaran Matematika berdurasi dua jam, tiba – tiba bunyi bel dan langsung ganti pelajaran sejarah, belum lagi pelajaran yang lainnya. Begitu terus berulang – ulang dalam durasi seminggu.

Alhasil yang terjadi, siswa – siswi belum sempat mencerna pelajaran matematika, malah ditambah lagi pelajaran sejarah. Dan terciptalah generasi – generasi muda yang sekedarnya saja.

Namun, sekolah – sekolah berikut ini memiliki bangunan dan sistem mengajar yang unik dan sangat berbeda dari yang kita terima di kebanyakan sekolah umum.

Mungkin saja sekolah-sekolah berikut ini bisa dijadikan contoh dan diterapkan oleh para petinggi pendidikan di Indonesia, atau sebagai masukan untuk para anggota dewan yang sering studi banding ke luar negeri.

Berikut lima sekolah unik yang ada di dunia :

  1. Sekolah Terapung di Bangladesh

Bangladesh selalu dilanda banjir, setidaknya dua kali dalam setahun. Banjir tersebut demikian parahnya sehingga menyebabkan masyarakat kesusahan mendapatkan air bersih, listrik dan kebutuhan lainnya. Selain itu, banjir juga membuat anak-anak susah untuk pergi ke sekolah. Untuk menanggulangi masalah itu, organisasi Shidulai Swanirvar Sangstha memiliki sebuah ide yang brilian; sekolah terapung.

Kini, setidaknya ada 100 sekolah terapung dalam bentuk kapal. Sekolah itu dilengkapi dengan laptop, akses internet dan perpustakaan kecil. Jadi, saat sekolah formal ditutup akibat banjir, sekolah kapal ini akan tetap menerima murid. Sekolah ini telah memiliki 70.000 murid sejak kemunculannya di tahun 2002.

  1. Sekolah Bebas di Brooklyn

Sekolah Brooklyn dibagi menjadi dua. Bagian atas sekolah adalah untuk anak-anak umur 11 hingga 18 tahun. Sementara di bagian bawah sekolah adalah untuk anak-anak umur 4 hingga 11 tahun. Tidak ada kurikulum di sekolah ini. Semua murid bebas untuk mempelajari apa yang ingin dia pelajari.

Seorang murid boleh memilih belajar sendiri dengan materi yang dia pilih sendiri. Di sekolah ini, tidak ada tingkatan kelas, tidak ada pekerjaan rumah dan tidak ada tugas. Seorang murid diberi kepercayaan penuh untuk mempelajari apa yang ingin dia pelajari dan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Wah, sungguh sekolah yang menyenangkan.

  1. Sekolah Kereta Api di India

Inderjit Khurana, merasa tergugah setiap kali melihat pengemis yang ada di stasiun keretap api yang dilaluinya setiap hari. Khurana berprofesi sebagai seorang guru di Orissa, India dan merasa anak-anak pengemis tersebut membutuhkan pendidikan untuk masa depan mereka. Karena membawa begitu banyak anak ke sekolah dirasa tidak memungkinkan, Khurana melaporkan kejadian ini pada Ruchika School Social Service Organization dan akhirnya berdirilah sekolah kereta api ini.

Sejak sekolah ini didirikan, terdapat lebih dari 4.000 murid yang mengikuti pendidikan informal tersebut. Sekolah ini mengajari anak-anak membaca, menulis, menghitung dan bermain drama. Sekolah ini juga menyediakan bantuan berupa makanan dan perobatan bagi anak-anak yang kurang mampu, beserta keluarganya.

  1. Sekolah Gulu di China

Sekolah ini telah berdiri sejak akhir tahun 1980-an dan hanya diajar oleh satu guru, Shen Qijun. Qijun datang ke desa Gulu ketika umurnya masih 18 tahun. Saat itu, keadaan sekolah di kampung tersebut sangat mengenaskan.

Sekolah ini menjadi spesial karena letaknya yang ada di pegunungan dan para murid harus berjuang mendaki gunung untuk mencapai sekolah mereka. Tidak terbayang semangat anak-anak ini untuk menuntut ilmu.

  1. Sekolah untuk Para PSK di China

Sebelum anda menilai lebih jauh, ini bukanlah sekolah untuk mengajarkan muridnya agar menjadi PSK. Sekolah ini pada dasarnya diperuntukkan kepada para PSK agar mereka bisa mendapatkan lebih banyak klien dengan menggunakan sosial media.

Di sekolah ini, ada beberapa guru yang memberikan materi tentang marketing dan sosial media. Para PSK juga diajari tentang edukasi kesehatan dan asuransi agar keselamatan mereka lebih terjaga.

Itu dia lima sekolah paling unik yang ada di dunia. Semoga sekolah-sekolah tersebut dapat memberi inspirasi bagi kita dan pemerintah agar menjadikan pendidikan di Indonesia kedepannya lebih baik lagi.

Pendidikan yang berkualitas adalah tempat yang kondusif, mengarahkan murid menjadi orang yang berguna (bukan jenius), sekaligus melibatkan guru dan murid dalam porsi yang seimbang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: