Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

April Mop, Sejarah dan Kontroversinya

309

April MopJakartakita.com – April Mop, atau dikenal juga dengan nama April Fools, diperingati setiap tanggal 1 april setiap tahun nya. Pada hari ini, orang boleh berbohong, “ngerjain” atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s Day, budaya April Mop di Indonesia akhir-akhir ini mulai akrab di masyarakat perkotaan kita, terutama di kalangan anak muda.

Hingga saat ini latar belakang sejarah yang mendukung adanya perayaan ini masih simpang siur. Namun kebanyakan orang percaya bahwa ketika kalender Gregorian disesuaikan pada tahun 1500-an, Tahun Baru dipindahkan dari 1 April menjadi 1 Januari. Untuk itu, mereka yang masih merayakan tahun baru pada tanggal 1 April dianggap bodoh (fool).

Banyak kontroversi yang berkaitan dengan peringatan April Mop, dalam versi islam, Peristiwa pembantaian pejuang islam saat Perang Salib di Spanyol yang terjadi pada 1 April 1487 Masehi konon dikenang sebagai awal mulanya perayaan “The April Fool Day” ini.

Dibalik kebiasaan dan kesuksesan lelucon April Mop, sering membuat orang-orang meragukan liputan berita yang terbit pada tanggal 1 April dan menjadi salah satu penyebab mengapa April Mop memicu banyak pertentangan.

Berikut beberapa peristiwa penting bahkan bencana yang dianggap sebagai “hoax” namun benar-benar terjadi:

  • Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.
  • Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.
  • AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970.
  • Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.
  • Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama karena kejanggalan ayah yang menjadi seorang pembunuh.
  • Pada 1 April 1993, juara NASCAR Seri Piala Winston, Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville.
  • Deathrock legenda Rozz Williams tewas karena bunuh diri pada tanggal 1 April 1998.
  • Pada tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.
  • Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.
  • Leslie Cheung, penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada tahun 2003 karena depresi berat.
  • Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat