Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ternyata Co – Pilot Germanwings Mengalami Gangguan Mental

339
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pembicaraan masyarakat dunia terkait insiden kecelakaan pesawat Germanwings kini tertuju ke sosok kopilot muda Jerman, Andreaz Lubitz. Dari kesimpulan para penyidik, tak ada indikasi Andreaz Lubitz, sang kopilot Germanwings terlibat aksi terorisme.

Seperti yang dilansir dari Reuters, pada 20 menit pertama, rekaman menunjukkan percakapan biasa antara pilot dan kopilot. Lalu Lubitz, mengambil alih kemudi karena pilot harus ke kamar kecil. Lubitz lantas mengunci ruang kokpit sehingga pilot tidak bisa masuk. Andreaz Lubitz kemudian diduga menabrakkan pesawat jenis Airbus A320 tersebut ke pegunungan Alpen.

Penyidikan pun berlanjut ke latarbelakang psikologis kopilot tersebut. Namun, dokumen internal Lufthansa, perusahaan induk Germanwings, memberitahukan bahwa Lubitz pernah menghabiskan waktunya satu setengah tahun untuk menjalani perawatan psikis pada psikolog.

Artikel Terkait
1 daripada 4

Merujuk pada data tersebut, setelah menunggu selama delapan bulan, akhirnya Lubitz direkrut menjadi awak kabin pada 2008. Namun, ia baru diangkat menjadi pilot Lufthansa pada September 2013.

Kepala Eksekutif Lufthansa, Carsten Spohr, memang mengakui bahwa Lubitz pernah rehat dari pelatihannya pada 2009 untuk menjadi pilot pada enam tahun lalu, tapi enggan mengungkap alasannya.

Sementara itu, belajar dari kasus ini, kini beberapa maskapai penerbangan di Eropa dan Amerika dikabarkan  mengubah aturan terbang mereka, yang mengharuskan dua awak didalam kokpit.

Dilaporkan oleh Reuters, maskapai yang kini mengubah aturan terbang antara lain Normegian Air Shuttle, EasyJet (Inggris), Air Canada, Air New Zealand dan Air Berlin.

 

 

 


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?