Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pemprov DKI Gandeng Google Indonesia Gelar Kompetisi Aplikasi Jakarta Smart City

131
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Google Indonesia menggelar kompetisi bagi “developer” atau pengembang untuk menciptakan aplikasi mobile platform Android, yang dapat mendukung terwujudnya konsep kota cerdas atau “smart city”.

Kompetisi bernama Android One Hack for Impact tersebut diikuti oleh sekitar 50 peserta dari dalam negeri, yang akan membuat aplikasi untuk memberikan solusi terhadap tiga masalah besar di Jakarta, yaitu kesehatan, pendidikan dan transportasi publik.

Sebagai bahan mengembangkan aplikasi mobilenya, pengembang aplikasi dapat memanfaatkan kumpulan data dari Indonesia Portal Data yang bisa diakses di  Data.go.id atau di data.jakarta.go.id

Akan dipilih tiga aplikasi terbaik yang memanfaatkan data dari Data.go.id dalam hackathon Android One Hack for Impact ini. Syarat lainnya, aplikasi yang dikembangkan harus dapat berjalan dan kompatibel dengan versi Android terbaru Lollipop 5.1.

Selain itu UI/UX hingga kemudahaan navigasi juga menjadi faktor utama yang akan dinilai dari aplikasi yang dikembangkan peserta hackathon Android One ini.

Untuk tiga aplikasi terbaik dan memenuhi syarat kriteria, Google Indonesia telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik bagi para pengembang aplikasi Indonesia seperti smarphone Android One. Dan hari ini, Minggu (29/3/2015), para pengembang terpilih mendemonstrasikan aplikasi ciptaannya di Co-working Space Conclave di Jalan Wijaya 1 No. 5C.

Selain mendapatkan sejumlah hadiah menarik, aplikasi terbaik  akan digunakan dalam mengembangkan Jakarta Smart City yang ditargetkan dapat terwujud sebelum akhir 2017.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: