Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

BBM Naik, Harga Beras Ikut Naik

796

Tiket Pesawat Murah Airy

BerasJakartakita.com – Pemerintah resmi mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di angka Rp 7.300 per liternya. Sedangkan Solar, dijual Rp6.900 dari Rp6.400. Sementara untuk harga minyak tanah dinyatakan tetap Rp2.500 per liter. Kenaikan harga ini berlaku mulai 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB.

Seperti sudah diprediksi sebelumnya, kenaikan harga BBM akan berdampak pada kenaikan harga lainnya terutama Sembako. Belum seminggu, kenaikan harga BBM diumumkan, harga beras di pasaran sudah ikut merangsek naik. Kenaikan harga beras rata-rata Rp 500 per kilogram (kg). Harga beras medium di pasar mencapai Rp 9.000 per kg.

Sementara itu, harga beras premium telah mencapai Rp 11.000 per kg. Kondisi ini berbanding terbalik dengan klaim pemerintah yang akan menjaga harga beras karena produksi padi yang melimpah pada Maret ini.

Artikel Terkait
1 daripada 16

Abdullah Mansuri, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) pada Kontan mengatakan, harga beras pada Sabtu pagi pekan lalu langsung naik mengikuti kenaikan ongkos distribusi yang menggunakan BBM. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga menjelang puasa, jika pemerintah belum mulai mencicil penyaluran distribusi beras ke seluruh daerah di Indonesia.

Mansuri menambahkan kalau ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin harga beras akan naik lagi hingga 30% sampai Lebaran.

Oleh sebab itu, Mansuri menyarankan pemerintah mulai memberikan subsidi BBM untuk distribusi bahan pokok ke seluruh daerah sejak sekarang. Termasuk melakukan operasi pasar setiap bulannya.

Berdasarkan pantauan harga di Kementerian Perdagangan, beras medium hari ini harganya Rp 10.113 per kg, lebih murah dibandingkan hari sebelumnya sebesar Rp 10.109 per kg.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More