Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Besok (13/4/2015), Indonesia Gelar UN Online Perdana

0 547

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Terhitung tahun ajaran 2015 pelaksanaan ujian nasional ada dua model, yakni UN berbasis komputer (computer based test/CBT) atau UN online dan UN berbasis kertas (paper based test/PBT). Pada kesempatan UN CBT perdana ini, tercatat ada 585 sekolah   se-Indonesia yang siap menyelenggarakan UN CBT yang pertama kalinya itu.

Dari jumlah sebanyak itu, hanya  30 sekolah yang dianggap siap mengikuti UN CBT di DKI Jakarta, yaitu satu SMP, tiga SMA, dan 26 SMK. Di jenjang SMP, yang siap mengikuti UN CBT adalah SMPK Penabur 2 Jakarta. Sementara itu di jenjang SMA yang dianggap siap mengikuti UN CBT adalah SMAN 70, SMAN 78, dan SMAN 30.  Sementara itu sistem lama menggunakan kertas atau paper based test (PBT) masih tetap dilaksanakan untuk sekolah lainnya.

Artikel Terkait
1 daripada 2

UN CBT ini bukan hanya mempersiapkan infrastruktur dan siswa, melainkan adanya kesiapan semua pihak, mulai kepala sekolah, kepala dinas kabupaten/kota, hingga kepala daerah, juga harus mendukung pelaksanaan UN yang baru kali pertama digelar ini. Salah satu hal yang penting dalam penyelenggaraan ujian CBT ini adalah kesiapan tenaga teknisi komputer dan proktor.

Proktor adalah petugas yang memastikan token, password, peserta, pengaturan waktu ujian, serta pengiriman soal UN agar bisa lancar, sedangkan teknisi yang memastikan keamanan jaringan. Karena nanti  paket soal UN CBT harus diunduh terlebih dahulu. Untuk membukanya perlu kode khusus dari panitia pusat yang akan diberikan pada hari Senin (13/4/2015).

Dari segi kepraktisan sebenarnya UN CBT lebvih praktis dan cepat. Pasalnya, selain tidak perlu “urek-urek” yang menghabiskan waktu, siswa yang mengerjakan soal dengan metode CBT itu tanpa perlu menuliskan nama dan nomor induk siswa sebab hanya perlu mengetik nama pengguna (user name) dan kata kunci (password).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?