Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Dia 10 Perempuan Masa Kini Yang Menginspirasi. Cekidot List-nya!

0 1,264

Tiket Pesawat Murah Airy

Raden Ajeng Kartini
foto : istimewa

Jakartakita.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini di bulan April ini, Redaksi Jakartakita.com mencoba me-refresh ingatan masyarakat dengan Raden Adjeng Kartini, sosok perempuan priyayi dari tanah Jawa yang memperjuangkan hak dan intelektual kaum perempuan di masanya.

Dalam kenyataannya, di era yang sudah modern ini, pengetahuan, semangat, dan perjuangan Raden Adjeng Kartini pun masih hidup hingga kini.

‘Spirit’ Kartini bisa dilihat dari sosok perempuan berikut ini, yang dihimpun Redaksi Jakartakita.com dari berbagai sumber, yang mewakili generasi mereka masing-masing.

Cekidot!

alexandra asmasoebrata
foto : istimewa

Alexandra Asmasoebrata, Pembalap Perempuan Pertama di Indonesia

Alexandra Asmasoebrata atau yang akrab disapa Andra ini merupakan seorang pembalap perempuan di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai pembalap mobil perempuan pertama di Indonesia.

Andra juga menorehkan banyak prestasi antara lain; ia pernah menjuarai kompetisi Gockart Racing kelas 60 cc dan mengikuti Turnamen Asean Gockart. Di tingkat Internasional, Andra juga pernah menjadi salah satu peserta Formula BMW Scholarship di Spanyol pada tahun 2004 dan Formula Renault Asia.

Asma Nadia, Penulis Muda Penuh Talenta

Asma Nadia merupakan seorang penulis produktif yang berprestasi sekarang ini. Karena itulah ia banyak mendapatkan penghargaan bergengsi seperti penghargaan Buku Remaja Terbaik untuk bukunya yang berjudul Rembulan di Mata.

asma nadia
foto : istimewa

Selain itu, ia juga pernah menjuarai Lomba Menulis Cerpen yang diselenggarakan oleh majalah Annida pada tahun 1994. Beberapa novel karya Asma antara lain berjudul; Serenda Biru Dinda yang diterbitkan As syamil, Pesantren Impian yang diterbitkan As syamil, dan Derai Sunyiyang diterbitkan oleh Mizan serta Putri di Antara Peri Cantik yang diterbitkan Lingkar Pena Publishing.

Tak hanya itu, Asma juga aktif dalam komunitas kepenulisan antara lain Forum Lingkar Pena dan pernah berpartisipasi dalam Pertemuan Sastrawan Nusantara di Brunei Darusalam.

Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati, Peneliti Muda Berprestasi

Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati
foto : istimewa

Dr. Made adalah sosok penggerak inovator dalam bidang Ilmu pengetahuan , sains dan teknologi. Ia merupakan seorang dosen di Institut Teknologi Bandung, ia juga aktif  dalam Kelompok Keilmuan Pengembangan dan Perencanaan Produk Teknik Kimia.

Ia juga merupakan lulusan Ph.D. dari Technology University of Delft di Belanda. Salah satu bukti dari konsistensinya dalam bidang penelitian adalah penghargaan dari Menteri Negara Riset dan Teknologi serta Grant Program dari L’oreal UNESCO for Women atas penelitiannya mengenai Teknologi Bioproses.

Merry Riana, Entrepreneur dan Motivator Muda

merry riana
foto : istimewa

Merry Riana merupakan sosok entrepreneur dan motivator sukses di Indonesia. Di usianya yang amat belia, yaitu saat ia berusia 25 tahun, ia mampu meraih penghasilan 1 juta dollar. Ia juga meraih berbagai penghargaan prestisus seperti Top New Adviser Award  pada tahun 2003 dan salah satu agensi yang didirikannya yakni Merry Riana Organization berhasil meraih penghargaan Top Agency of the Year dan Top Rookie Agency of The Year di tahun 2005.

Sosok Merry Riana merupakan sosok yang patut dijadikan contoh yang mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

martha tilaar
foto : istimewa

Martha Tilaar, Pemilik Merek Kosmetik Sari Ayu

Martha Tilaar kecil adalah anak perempuan yang tomboi dan merasa dirinya paling tidak cantik diantara semua saudaranya. Teguran Ibunya agar matha lebih perempuan membawanya belajar tentang kecantikan .

Martha merintis usahanya dari bawah sekali, sebagai penata rambut door to door. Salonnya pun cukup berlokasi di garasi rumah orang tuanya di kawasan Jakarta Pusat. Kemudian ia mencoba mengembangkan tanaman berkhasiat yang banyak terdapat di Indonesia sebagai bahan pembuat kosmetik.

Artikel Terkait
1 daripada 14

Usaha Martha tak langsung berhasil, ia bahkan menuai cibiran dari banyak orang. Ketika itu perawatan tradisional (traditional treatment) masih dipandang sesuatu yang kampungan, tidak higienis, tidak rasional, bahkan bernuasa mistis. Cibirin itu tak membuat Martha menyerah. Ia malah mematenkan ramuan tradisionalnya dengan nama Sari Ayu.

Tahun 1981, Martha mendirikan pabrik kosmetika Sari Ayu yang pada perkembangan selanjutnya memiliki banyak anak usaha seperti Merabela, Cempaka dan Biokos.

Nadia Mutia, Pemilik Kloom Clogs
foto : istimewa

Nadia Mutia, Pemilik Kloom Clogs

Hobby belanja wanita ternyata bisa juga menghasilkan uang. Adalah Nadia Mutia Rahma, sosok wanita yang mengawali bisnis dengan membuat sepatu kayu yang diberi nama Kloom Clogs.

Desain produk miliknya, dibuat sendiri karena kegemarannya dalam mendesain sejak kecil.

Modal usaha yang dipakainya diperoleh ketika bekerja part time di Jepang, berbekal uang tersebut ia mengembangkan bisnis selop yang pas dan nyaman dipakai.

Selain kreatif, wanita kelahiran 12 Juni 1989 ini selalu mengungkulkan kualitas dalam produk yang dibuatnya. Semua bahan yang dipakainya merupakan bahan pilihan dan dikerjakan dengan hati-hati.

Rini Sugianto, Animator Kebanggaan Indonesia
foto : istimewa

Rini Sugianto, Animator Kebanggaan Indonesia

Rini Sugianto merupakan sosok perempuan hebat lainnya yang membanggakan Indonesia melalui bidang seni budaya. Kreativitas dan kehandalannya dalam bidang animasi dan visual telah membawa Rini ke  kancah internasional.

Prestasinya  yang membanggakan adalah terlibat dalam beberapa proyek pembuatan film animasi seperti Iron Man 3, The Hobbit 3: Desolation of Smaug, The Hunger Games: Catching Fire, dan The Dawn of The Planet Apes. Keren!

Susan Budiharjo
foto : istimewa

Susan Budiharjo, ‘Ibu’ Dunia Fashion Indonesia

Kerap dijuluki ibu dunia fashion Indonesia, Susan Budiharjo menelurkan karya-karya cemerlang lewat produk fashion yang dibuatnya. Koleksi busananya beragam, mulai dari yang klasik hingga yang sederhana.

Sejak kecil, kegemarannya menggambar mendorongnya mewujudkan mimpi menjadi sosok desainer terkenal di dunia. Tak hanya puas sebagai seorang desainer saja, Susan yang sempat mencicipi jurusan arsitektur di Universitas Tarumanegara ini juga mendirikan sebuah sekolah untuk membagikan ilmu yang dimilikinya kepada desainer-desainer muda Indonesia.

Susanti Alie
foto : istimewa

Susanti Alie, Pemilik Saus Sambal Merek Cabe Payung

Rasa-rasanya, semua orang bakal sepakat jika makanan tak lengkap apabila tak ada sambal. Rasa pedasnya bak menyempurnakan masakan dan menambah nafsu makan. Dari situlah Susanti Alie memulai bisnisnya. Berawal dari lahan kontrakan di sebelah rumah dengan kurang dari 10 karyawan, ia memproduksi minuman limun dan saus sambal bermerek Cabe Payung.

Berperang melawan rumor saus sambal yang menggunakan bahan-bahan tidak higienis dan segar, Susan menciptakan label produk yang berkualitas dan bersaing dengan harga pasar. Sampai saat ini, bisnisnya terus berkembang dan telah dipasarkan hampir ke seluruh Indonesia.

wendy yap - sari roti
foto : istimewa

Wendy Yap, Sari Roti

Siapa yang tak mengenal jingle renyah ‘Sari Roti…Sari Roti…’ di komplek perumahan, toko hingga super market besar. Produk ini mudah ditemukan.

Di balik kesuksesan produk roti ini, ada sosok wanita bernama Wendy Yap yang menjadi otak sukses produk Sari Roti. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan dengan pertumbuhan pendapatan tercepat di Asia.

Sebagai informasi, para perempuan yang disebutkan diatas merupakan sebagian diantara Kartini-Kartini modern yang berhasil dalam bidangnya masing-masing dan tentunya masih banyak lagi Kartini-Kartini modern lain yang berhasil dalam bidang lainnya, yang tidak terhitung banyaknya.

Mungkin Anda sendiri punya salah satu kandidatnya! Monggo di share di kolom comment.

 

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?