Take a fresh look at your lifestyle.

“Mayday”, Para Buruh Siap Deklarasikan Parpol Baru

0 1,108
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com –  Hari Jumat (1/5/2015) bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang biasa disebut ‘Mayday’. Serikat buruh akan menggelar aksi besar-besaran.

Tak hanya aksi demontrasi yang biasa dilakukan setiap tahunnya. Pada aksi “Mayday” pekan besok, para buruh juga akan mendeklarasikan partai baru untuk kaum buruh.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Andi Gani Nena Wea menegaskan kaum buruh seharusnya menjadi kekuatan penentu dari setiap kebijakan-kebijakan pemerintah.

Related Posts
1 daripada 4,962

“Partai nanti akan terdiri dari konfederasi, federasi, serikat pekerja, dan elemen gerakan rakyat yang lain,” kata Komite Persiapan-Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KP-KPBI) Ilham Syah di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Dalam kegiatan jumpa pers tersebut ia menjelaskan, Mayday tahun ini akan menjadi aksi terbesar para buruh. Setidaknya ada sekitar 178 ribu buruh akan ‘turun’.

Aksi tersebut akan menuntut beberapa hal di antaranya pembatalan kenaikan upah tiap lima tahun sekali, revisi permen 19 tahun 2013 tentang tenaga alih daya “outsourching”.

Kemudian revisi total tentang UU No 2 2004 tentang PPHI, meminta perlindungan negara terhadap buruh korban PHK massal. Selanjutnya, menuntut membentuk undang-undang perlindungan buruh.

Komite Persiapan-Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KP-KPBI) Ilham Syah menyampaikan peringatan hari buruh tahun ini tidak sekadar diisi unjuk rasa soal masalah buruh. Namun, harus mampu meningkatkan kesadaran politik kaum buruh.

Tinggalkan komen