Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

22 Kepala Negara Bakal Napak Tilas Peringati 60 Tahun KAA di Bandung

237
Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung
foto : istimewa

Jakartakita.com – Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Yuri Thamrin di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (23/4/2015) menyatakan bahwa, 22 kepala negara/pemerintahan atau wakilnya (VVIP) dari Asia dan Afrika akan mengikuti kegiatan napak tilas di Bandung untuk memperingati 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA).

“Ada 22 VVIP yang akan hadir di Bandung dan juga ratusan delegasi lain setingkat menteri dan pejabat tinggi,” kata Yuri.

Para kepala negara/pemerintahan atau wakilnya yang akan mengikuti kegiatan napak tilas Peringatan 60 tahun KAA tersebut, akan menuju Bandung melalui jalur udara, baik menggunakan pesawat yang disediakan Pemerintah Indonesia maupun pesawat pribadi.

Namun, dia mengatakan ada beberapa kepala negara/pemerintahan yang tidak dapat menghadiri Peringatan 60 tahun KAA dan tidak mengikuti kegiatan napak tilas (historical walk), antara lain Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Raja Jordania Abdullah II, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Wakil Presiden Seychelles Danny Faure, Perdana Menteri Palestina Rami Al Hamdallah, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

“Tetapi ketidak-hadiran mereka tentu saja tidak mengurangi kekhidmatan peringatan 60 Tahun KAA,” ujar Yuri.

Adapun, para kepala negara atau pemerintahan Asia-Afrika yang mengikuti kegiatan di Bandung, antara lain Raja Swaziland Mswati III, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Presiden Zimbabwe Robert Gabriel Mugabe, Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat Korea Utara Kim Yong Nam.

Kemudian, PM Nepal Sushil Koirala, PM Kamboja Hun Sen, PM Rwanda Anastase Murekezi, PM Malaysia Najib Razak, Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Menurut Dirjen Aspasaf Kemlu itu, akan ada banyak kegiatan yang dilakukan selama di Bandung. Acara utama adalah napak tilas (historical walk), di mana para kepala negara/pemerintahan atau perwakilan dan delegasi Asia Afrika akan berjalan kaki dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka melalui Jalan Asia Afrika, Bandung.

Selanjutnya, para pemimpin Asia Afrika itu akan berfoto di Gedung Merdeka. Juga akan diadakan acara “minute of silence” (mengheningkan cipta) dan pembacaan Dasasila Bandung.

Adapun Presiden Joko Widodo, akan memberikan sambutan dalam acara peringatan itu, yang diikuti sambutan dari satu perwakilan Asia, satu perwakilan Afrika, dan perwakilan negara peninjau.

Kemudian, akan ada penandatanganan simbolis Bandung Message oleh tuan rumah KAA, Indonesia, negara perwakilan Afrika, dan negara perwakilan Asia. Selain itu, akan ada peresmian Monumen Asia-Afrika.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: