Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Artemio Franchi Jadi Saksi Lolosnya Fiorentina ke Semifinal Liga Eropa

116
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Stadio Artemio Franchi menjadi saksi keberhasilan Fiorentina lolos ke semifinal Liga Eropa. Dalam pertandingan leg kedua perempat final yang berlangsung di stadion kebanggaan masyarakat Firenze, Italia tersebut Jumat (24/4/2015) dini hari WIB, “La Viola” sukses menggulung tamunya Dynamo Kiev dengan skor 2-0. Hasil ini membawa tim asuhan Vincenzo Montella unggul agregat gol akhir 3-1, dimana hasil imbang 1-1 didapat di kandang Kiev.

Inilah untuk pertama kalinya Fiorentina melaju ke semifinal Liga Eropa. Terakhir Fiorentina ke empat besar adalah saat kejuaraan masih bernama Piala UEFA pada musim 2007/2008. Saat itu Fiorentina tersingkir akibat kalah adu penalti.

Menjadi pahlawan kemenangan Fiorentina sekaligus memastikan lolosnya klub tersebut ke empat besar adalah Mario Gomez dan Juan Manuel Vargas, dengan masing-masing pemain menorehkan satu gol di Artemio Franchi.

Dari awal laga, Fiorentina yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri tampil dominan. Pertandingan baru berjalan 10 menit, empat peluang mencetak gol sudah dihasilkan Gomez, Borja Valero, Mohamed Salah, dan Marcos Alonso.

Dominasi ini makin menjadi setelah pemain Kiev, Jeremain Lens, menerima kartu kuning kedua yang berujung pengusiran dari lapangan. Unggul jumlah pemain tak disia-siakan, saat babak pertama menyisakan dua menit Gomez menciptakan gol memanfaatkan umpan silang Joaquin.

Gol ini adalah gol ke-40 Gomez di ajang kompetisi Eropa. Jumlah tersebut menempatkannya sebagai pemain Jerman keempat dengan torehan gol terbanyak di kancah Eropa, di bawah Gerd Muller (62 gol), Jupp Heynckes (45), dan Ulf Kirsten (43).

Di babak kedua Fiorentina terus menguasai jalannya pertandingan. Namun, tak mudah bagi mereka untuk menembus pertahanan Kiev yang tangguh. Gol kedua Fiorentina baru tercipta pada menit 90+4, setelah Vargas menceploskan bola dengan kaki kirinya ke gawang Kiev dari jarak dekat.

 

Susunan Pemain

Fiorentina

1 Neto ; 2 Gonzalo Rodriguez, 15 Stefan Savic, 28 Marcos Alonso, 40 Nenad Tomovic ; 7 David Pizarro (10 Alberto Aquilani 84’), 14 Matías Fernández, 20 Borja Valero (5 Milan Badelj 79’) ; 17 Joaquín, 33 Mario Gomez, 74 Mohamed Salah (6 Juan Vargas 88’)

Dynamo Kiev

1 Oleksandr Shovkovskiy ; 2 Danilo Silva, 5 Vitorino Antunes, 24 Domagoj Vida, 34 Yevhen Khacheridi, 7 Jeremain Lens, 10 Andriy Yarmolenko, 17 Serhiy Rybalka, 29 Vitaliy Buyalsky (16 Sergiy Sydorchuk 69’), 90 Younés Belhanda (45 Vladyslav Kalitvintsev 63’) ; 91 Lukasz Teodorczyk (20 Oleg Gusev 45’)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: