Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Toyota Pantau 20 Proyek Lingkungan Peserta Eco Youth ke-9

201
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pelaksanaan kompetisi program lingkungan hidup tingkat sekolah lanjut atas (SLTA), Toyota Eco Youth (TEY) ke-9 yang diikuti oleh sejumlah SMK dan SMA dari berbagai wilayah Indonesia akan memasuki tahap penilaian akhir.

Dari 20 sekolah yang berhasil menjadi finalis, seluruhnya telah mengimplementasi proyek mereka masing-masing dan mendapat kunjungan (Genba) dari Toyota Indonesia.

“Kunjungan ke sekolah para finalis ini merupakan wujud komitmen Toyota berkontribusi untuk membangun generasi muda yang peduli lingkungan hidup dalam menghadapi tantangan pembangunan ,” ungkap General Manager Corporate Planning dan Public Relation, PT. Toyota-Astra Motor, Widyawati, sesaat mengunjungi SMAN 2 Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (28/4/2015).

Program kunjungan ke sekolah finalis ini merupakan bagian dari rangkaian acara TEY ke-9 dilakukan tim Toyota Indonesia selama April 2015.

Widyawati menuturkan, dalam setiap kunjungan, tim dari Toyota Indonesia memberikan mentoring dan counceling untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam mengimplementasi proyek mereka.

“Kegiatan ini kami sebut Genba, melihat langsung proyek-proyek yang berhasil masuk ke babak final, sekaligus melakukan mentoring dan diskusi dengan setiap peserta untuk mengetahui masalah yang mereka hadapi,” ujar Widyawati.

Widyawati menilai, dari tahun ke tahun kualitas dari  para peserta TEY mengalami peningkatan. Ini bukan karena Toyota menerapkan persyaratan seleksi yang ketat, tapi karena antusiasme peserta yang meningkat untuk mengikuti kompetisi proyek lingkungan hidup tingkat SMA yang rutin digelar Toyota Indonesia sejak 2005 ini.

“Antusias peserta semakin tinggi dan ini juga mempengaruhi kualitas proyek mereka. Sejalan dengan salah satu tujuan penyelenggaraan TEY, proyek- proyek para finalis ini diharapkan bisa menginspirasi masyarakat di lingkungan sekitar sekolah mereka, maupun di sekolah lainnya,” kata Widyawati.

Sebanyak 20 sekolah SMA/SMK terpilih sebagai finalis TEY-9 adalah mereka yang lulus melalui tahap penilaian tim juri yang terdiri dari Prof. Dr. Arief Rachma, M.Pd (pakar pendidikan), Jatna Supriatna, Ph.D (pakar lingkungan), dan Rene Suhardono (pakar social media & movement), dan manajemen Toyota Indonesia.  Kriteria penjurian didasarkan atas aspek  latar belakang masalah, ide proposal bisa diaplikasikan, ide harus berkelanjutan dan melibatkan peran serta masyarakat sekitar sekolah.

Finalis kategori Science antara lain,  SMAN 1 Blora, SMAN 1 Jogjakarta, SMA Al Falah Jakarta, SMAN 1 Sunggal Medan, SMAN 2 Balikpapan, SMAN 6 Banjarmasin, SMA Muhammadiyah 3 Jakarta, SMAN 87 Jakarta, SMAN 3 Jogjakarta, SMAN 6 Denpasar, SMAN 7 Manado, dan SMAN 3 Merauke Papua. Sedangkan finalis kategori Sosial adalah SMAN 5 Surabaya, SMAN 4 Makassar, SMA Harapan 3 Delitua Medan, SMAN 112 Jakarta, SMA PGRI Jayapura, SMAN 1 Ubud, SMAN 19 Bandung, dan SMAN 1 Gianyar.

“Kita perlu bangga terhadap generasi muda Indonesia, khususnya kepada peserta TEY ke-9 yang memiliki potensi cemerlang. Semoga aksi mereka ini mampu memberikan efek positif kepada teman-temannya dalam mengubah mindset tentang lingkungan,” ujar Vice President Toyota Indonesia, Suparno Djasmin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: