Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Kecelakaan Helikopter di Pakistan Menewaskan Istri Dubes RI

0 689
foto: istimewa - Hery Listyawati Burhan ditengah
foto: istimewa – Hery Listyawati Burhan ditengah

Jakartakita.com – Insiden kecelakaan helikopter yang terjadi di Pakistan, pada hari Jumat (8/6/2015), telah menewaskan Hery Listyawati. KBRI menjelaskan, peristiwa naas tersebut terjadi di wilayah Islamabad. Ketika itu, Hery dan suaminya, yang adalah Duta Besar RI untuk Islamabad, Burhan Muhammad sedang dalam perjalanan untuk menghadiri undangan dari Kementerian Luar Negeri Pakistan.

“Duta Besar RI Islamabad, Burhan Muhammad beserta istri Ibu Heri Listyawati sedang dalam perjalanan untuk menghadiri program Visit of Resident Ambassadors/ High Commissioners to Gilgit-Baltistan yang akan berlangsung dari tanggal 8-11 Mei 2015,” tandas pihak dari KBRI Islamabad.

Diketahui juga bahwa, jumlah peserta yang ikut dalam perhelatan tersebut berjumlah 57 orang, yang terdiri dari 32 laki-laki, 20 perempuan beserta 5 orang anak, dengan rincian, 30 Kepala Perwakilan/Duta Besar dan sejumlah istri duta besar beserta anak serta beberapa pejabat Pakistan.

Kronologis terjadinya kecelakaan menurut pihak KBRI di Pakistan adalah,  pertama, para peserta program berangkat dari Pangkalan Udara Nur Khan di Islamabad dengan menggunakan pesawat pada pukul 8.30 pagi waktu setempat. Mereka berangkat menuju wilayah Gilgit-Baltistan di utara Pakistan. Penerbangan tiba pukul 09.30, setelah menempuh jarak perjalanan sepanjang 480 kilometer.

Lalu perjalanan pun dilanjutkan menggunakan empat helikopter MI-17, menuju Naltar Valley. Helikopter yang ditumpangi Dubes Burhan bersama istrinya juga ditumpangi oleh 17 orang lainnya, yang terdiri dari 11 warga asing dan enam orang Pakistan.

“Dalam perjalanannya, sekitar pukul 12 siang waktu setempat tiba – tiba mengalami crash landing,” tulis KBRI Pakistan.

Saksi mata ditempat kejadian mengatakan, helikopter yang ditumpangi Dubes RI bersama istrinya tersebut sempat berputar – putar, sebelum akhirnya jatuh di atap sebuah sekolah, yang selanjutnya menimbulkan kebakaran hebat.

Kronologi kejadian naas tersebut langsung disampaikan kepada pihak KBRI di Pakistan, dan diketahui bahwa, Dubes RI untuk Islamabad mengalami luka-luka sedangkan istrinya meninggal dunia.

Dubes Burhan kini sedang dirawat The Combined Military Hospital, Jutial, wilayah Gilgit-Baltistan yang jaraknya hanya sekitar 30 kilometer dari tempat kejadian jatuhnya helikopter.

Enam orang lainnya dikabarkan tewas dalam insiden ini, di antaranya adalah dua pilot warga negara Pakistan, Dubes Norwegia untuk Pakistan, Leif Larsen, Dubes Filipina untuk Pakistan, Domingo Lucenario, dan istri dari Dubes Malaysia untuk Pakistan, dan juga Hery Listyawati, istri dari Dubes RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad.

Ada beberapa yang mengalami luka parah dan dirawat, diantaranya adalah, Duta Besar Belanda untuk Pakistan, Marcel de Vink, dan Duta Besar Polandia untuk Pakistan, dan Andrzej Ananics.

Duta Besar Kanada, Afrika Selatan, Lebanon dan Romania disebut juga berada dalam helikopter tersebut, berdasarkan manifes yang diterima Reuters. Dan sampai saat ini belum diketahui bagaimana kondisinya.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More