Take a fresh look at your lifestyle.

8 Menteri Kabinet Kerja Teken MoU Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air

0 1,084
hari-air-sedunia
foto : istimewa

Jakartakita.com – Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia yang ke-23 pada tahun 2015 ini, delapan menteri Kabinet Kerja menandatangani kesepakatan bersama tentang revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) di Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (9/5/2015).

“Keterlibatan sejumlah menteri dalam revitalisasi GN-KPA sebagai upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang ada pada masing-masing kementerian secara terpadu yang didasarkan saling membantu, saling mendukung sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, disela-sela penandatanganan.

Related Posts
1 daripada 5,289

Dijelaskan, revitaliasi air tersebut melibatkan delapan kementerian yaitu, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri BUMN.

Kemudian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertahanan Nasional, dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Masing-masing kementerian bertugas sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing,” ujarnya.

Menurut Tjahjo, tujuan utama revitaliasasi GN-KPA adalah mendorong pencapaian pembangunan daerah secara nyata yang sejalan dengan tujuan desentralisasi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana menitikberatkan pada pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

 

Tinggalkan komen