Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Peringatan 70 Tahun ‘Victory on Europe Day’ Dirayakan Sejumlah Negara Eropa

0 653

Tiket Pesawat Murah Airy

Victory on Europe Day-Poland
foto : istimewa

Jakartakita.com – Negara-negara Eropa Barat memperingati perayaan kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua setiap tanggal 8 Mei.

Hal ini dikarenakan penandatanganan pernyataan menyerah Nazi Jerman yang ditandatangani di sebagian besar negara Eropa Barat dilakukan pada 7 Mei 1945 dan efektif berlaku pada 8 Mei 1945.

Peringatan 70 tahun kemenangan di Eropa atau disebut juga dengan Victory on Europe Day (VE Day) tersebut, dirayakan di seantero Eropa.

Artikel Terkait
1 daripada 8

Kota Gdansk atau Danzig di Polandia, tempat di mana serangan pertama Jerman dilakukan pada 1 September 1939, memulai perayaannya dengan 21 tembakan meriam yang dilakukan dari Semenanjung Westerplatte.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki moon, Presiden Uni Eropa Donald Tusk, Presiden Ukraina Petro Poroshenko, dan beberapa kepala negara Eropa Timur tampak hadir dalam upacara peringatan tersebut.

Dalam pidatonya, Sekjen Ban memuji persatuan dan keberanian para prajurit serta negara-negara dalam Perang Dunia Kedua yang pada akhirnya menghasilkan kemenangan dari ancaman Nazi di Eropa.

“Tahun-tahun buruk yang panjang dalam Perang Dunia Kedua adalah waktu terjadinya kekejian yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata, hilangnya keyakinan, dan hilangnya rasa kemanusiaan. Perang itu menimbulkan kerugian bagi banyak negara termasuk negara-negara yang hadir di sini, terutama generasi muda mereka,” kata Ban, sebagaimana dikutip Russia Today, Sabtu (9/5/2015).

Perayaan VE Day juga dilakukan di Prancis, Inggris dan Jerman. Sementara di Rusia, perayaan kemenangan dalam Perang Dunia Kedua dilakukan pada 9 Mei 1945 karena mereka menganggap waktu menyerahnya Nazi Jerman terjadi pada tanggal 8 Mei 1945 lewat tengah malam, atau tanggal 9 Mei 1945 waktu Rusia.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More