Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ekspor Produk Aksesoris Otomotif Indonesia ke Taiwan Terus Meningkat

0 651

Tiket Pesawat Murah Airy

neraca perdagangan ekspor-impor
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Taiwan, Arief Fadillah mengungkapkan bahwa saat ini pasar Taiwan menjadi surga baru bagi produk aksesoris otomotif asal Indonesia.

Menurutnya, ekspor Indonesia untuk produk tersebut naik 6,62 persen atau menjadi sebesar US$ 1,14 miliar pada periode Januari–Februari 2015.

Meski kenaikannya tak sebesar periode yang sama tahun lalu, produk komponen dan aksesori bermotor Indonesia mengalami peningkatan yang sangat tajam pada kedua periode tersebut.

Artikel Terkait
1 daripada 13

“Produk aksesori Indonesia sangat diminati pasar Taiwan. Ini kabar menggembirakan bagi produsen di Indonesia. Saya berharap produk nasional makin ditingkatkan kualitasnya agar memiliki daya saing lebih besar sehingga kita bisa meningkatkan pangsa pasar aksesoris otomotif di Taiwan,” ujarnya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (10/5/2015) kemarin.

Dia menjelaskan, kenaikan ekspor komponen otomotif Indonesia selama periode Januari–Februari 2015 ekspor memang luar biasa. Produk komponen dan aksesori untuk kendaraan bermotor dengan nomor HS 8714 , yang merupakan parts and accessories of the vehicles of headings 87.11 to 87.13, mengalami peningkatan lebih dari 2.000 persen, yaitu menjadi US$ 6,68 juta dari US$ 281 ribu pada periode yang sama tahun 2014.

Sementara untuk Februari 2015, untuk produk yang sama mengalami peningkatan lebih dari 1.400 persen menjadi US$ 3,42 juta dari US$ 222 ribu Februari 2014. Demikian pula dengan ekspor yang terkait dengan kendaraan bermotor lainnya juga mengalami peningkatan seperti HS 8708 (parts and accessories of the motor vehicles of headings 87.01 to 87.05) dan HS 8704 (motor vehicles for the transport of goods).

Saat ini, lanjut Arief, Taiwan makin menggandrungi produk dalam negeri Indonesia. Ini bisa dilihat dari tren peningkatan ekspor sejumlah produk lainnya ke Taiwan.

“Produk industri lainnya juga mengalami peningkatan yang tajam pada bulan Februari 2015, antara lain produk elektrik seperti kapasitor, motor dan generator, serta baterai termasuk baterai cell,” jelas dia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?