Take a fresh look at your lifestyle.

Pemprov DKI Bakal Melelang Proyek ERP Juni 2015

0 1,010
Jalan Berbayar - ERP
foto : istimewa

Jakartakita.com – Pemprov DKI akan melakukan lelang proyek jalan berbayar (electronic road pricing/ERP) pada bulan Juni 2015.

Saat ini, Pemprov DKI tengah menyiapkan segala persyaratan pelaksanaan lelang, termasuk standar dan kriteria teknologi ERP yang harus dipenuhi oleh perusahaan peserta lelang.

“Saya menargetkan ERP sudah beroperasi di jalan Jakarta sebelum 2016. Makanya beauty contest harus dimulai pada Juni tahun ini,” kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, Rabu (20/5/2015).

Related Posts
1 daripada 5,956

Basuki sendiri, menginginkan sistem yang nanti dimiliki sesuai dengan teknologi yang digunakan di negara-negara maju. Sistem tersebut termasuk gerbang elektronik, on board unit (OBU), dan terintegrasi ke comment center di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) DKI.

Basuki mencontohkan, OBU yang dipasang di badan mobil yang dapat terhubung dengan rekening pengguna. Nantinya, sistem ERP akan memotong jumlah rekening konsumen sesuai tagihan dan mengirimkan notifikasi setelahnya.

Konsep ini, lanjut lelaki yang akrab disapa Ahok tersebut, sudah diadopsi oleh kota-kota di negara maju seperti di Singapura, London, dan Stockholm.

Dia berharap, teknologi canggih tersebut dapat diaplikasikan dan digunakan oleh masyarakat Jakarta.

“Standar dibikin tinggi tidak apa-apa. Nanti kami pilih peserta lelang yang sanggup. Masa negara lain sistem pembayaran sudah terintegrasi ke smartphone, kita masih pakai uang tunai dan kartu” tukasnya.

 

Tinggalkan komen