Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Amankan Ponsel Anda dari Serangan Hacker

0 425

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Ponsel pintar atau smartphone sudah menjadi hal yang terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari manusia modern. Tak peduli Anda hanya seorang ibu rumah tangga, pekerja kantoran atau malah pemimpin perusahaan. Ponsel Anda layaknya aspri atau asisten pribadi yang selalu menjadi bagian dari hidup Anda.

Makanya tak mengherankan, bagi sebagian orang kehilangan ponsel bagaikan kiamat! Terbayang betapa banyak alamat kontak yang tersimpan di dalamnya. Belum lagi catatan penting dan foto yang tersimpan di dalamnya.

Artikel Terkait
1 daripada 81

Itulah sebabnya mengapa di era modern, ponsel juga menjadi sasaran empuk para pencuri data atau hacker. Para pencuri tidak lagi hanya mengincar nilai jual dari ponsel tersebut, tetapi nilai data yang jauh lebih besar dari nilai fisik, seperti password email, akses internet banking, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya agar Anda terhindar dari ulang iseng para hacker yang hendak mencuri data-data Anda di dalam ponsel?

  • Kunci ponsel Anda. Agar hacker tidak mudah masuk ke dalam ponsel Anda. Setidaknya butuh waktu bagi para hacker untuk memecah password.
  • Back up data pribadi Anda. Setiap ponsel pintar dapat melakukan back up data secara otomotis jika diperlukan. Dengan melakukan langkah preventif tersebut Anda tidak akan kelabakan kalau kehilangan ponsel. Dan Anda bisa dengan segera melakukan langkah pengamanan lanjutan.
  • Pasang aplikasi tracking pada ponsel pintar Anda. Informasi lokasi pada aplikasi ini juga berguna ketika melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib.
  • Hapus data secara menyeluruh. Biasanya aplikasi untuk melakukan tracking lokasi juga menyediakan layanan untuk melakukan hapus data secara jarak jauh (remotely wipe off), seperti pada aplikasi Find My Iphone misalnya.
  • Laporkan pada operator seluler Anda. Setelah semua langkah diatas dilakukan maka langkah terakhir adalah menghubungi operator seluler Anda dan melakukan deaktivasi nomor telepon. Sehingga nomor Anda tidak dimanfaatkan untuk pelaku kriminal melakukan tindakan kejahatan lainnya.

Nah, mudahkan?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More