Take a fresh look at your lifestyle.

Perlukah Operasi Gigi Bungsu?

0 965
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Istilah gigi bungsu atau wisdom teeth merujuk pada gigi yang umumnya tumbuh terakhir dalam rongga mulut kita. Umumnya, gigi molar ketiga dan berjumlah empat. Masing-masing satu pada setiap sisi rahang.

Tidak semua gigi bungsu perlu dicabut. Bila gigi bungsu Anda tumbu lurus sempurna dan tidak mengganggu sebelahnya maka gigi bungsu tidak perlu dicabut. Namun jika kasusnya  tulang rahang tidak cukup ruang untuk menampung gigi sehingga ia tidak tumbuh sempurna. Tumbuh miring ke segala arah dengan derajat kemiringan beragam, ataupun tidak muncul ke atas gusi karena tetap ada di dalam gusi/tulang maka ada baiknya dicabut.

Karena posisinya biasanya miring atau terbenam sebagian, gigi bungsu tidak bisa dicabut dengan cara biasa. Biasanya, gusi perlu dibuka sedikit untuk memungkinkan alat bisa mengakses gigi yang akan diambil. PPada gigi bungsu perlu dilakukan bedah minor yang disebut odontectomy.

Sebelum tindakan operasi, biasanya kamu perlu melakukan ronsen (x-ray) panoramic dulu untuk memperlihatkan arah dan posisi gigi bungsu serta kondisi akar gigi sebagai panduan dokter dalam prosedur operasinya. Bila ada nyeri atau bengkak pun biasanya diperlukan pengobatan terlebih dulu sebelum tindakan operasi dilakukan.

Related Posts
1 daripada 4,928

Sama seperti prosedur pembedahan lainnya. Sebelum dibedah, maka kondisi pasien harus sehat walafiat, tensi darah pun diukur hati-hati. Sebelum dibedah, pasien akan disuntik anestesi lokal. Proses pembedahan hingga penjahitan hanya memakan waktu kurang dari satu setengah jam.

Dua jam pasca operasi biasanya pasien tidak diperbolehkan berkumur. Selama 24 jam pertama hanya boleh mengkonsumsi makanan/minuman dingin agar darah cepat membeku. Dan 24 jam kedua, pasien dianjurkan mengkonsumsi makanan/minuman hangat agar aliran darah di gusi dan mulut lancar. Berikutnya normal. Kontrol pasca operasi dan buka jahitan, umumnya dilakukan seminggu setelah operasi.

Tindakan pembedahan ini tidak boleh dilakukan oleh dokter gigi biasa. Pembedahan hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi bersertifikat karena beresiko tinggi. Makanya harga operasi gigi biasanya mahal. Paling murah sekitar Rp 3 jutaan.

Apakah gigi bungsu Anda bermasalah? Segera periksakan dengan dokter gigi Anda sebelum masalahnya berlanjut dan dapat merusak gigi Anda yang lain!

Sssttt, Hendra Hidayat Dental Center (HHDC) membuka kesempatan operasi gigi bungsu gratis loh. Mau tahu syaratnya? Hubungi atau datangi saja kliniknya di Thamrin City – Office Suite fl 3 unit 2, Jl. KH Mas Mansyur (lobby Cosmo Terrace), Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10230
(021) 31997482

Tinggalkan komen