Take a fresh look at your lifestyle.

5 Kuliner Khas Betawi untuk Menu Berbuka Puasa

0 1,974

Jakartakita.com – Betawi merupakan sebutan untuk suku asli kota Jakarta. Sejarah betawi yang begitu dinamis mempengaruhi warisan kulinernya. Kuliner Khas Betawi dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan Arab.  Sebenarnya, Betawi memiliki banyak kuliner khas yang lezat. Namun, seiring perkembangan pesat kota Metropolitan Jakarta yang sekaligus ibukota negara Indonesia ini, kuliner Khas Betawi sudah banyak yang langka bahkan nyaris punah.

Berikut adalah 5 kuliner khas Betawi yang bisa dijadikan menu istimewa untuk berbuka puasa. Siapa tahu aneka kuliner khas Betawi ini bisa jadi pilihan sebagai menu berbuka puasa hari ini:

foto: istimewa
foto: istimewa

1. Kolak Biji Salak

Meskipun namanya kolak biji salak, namun makanan ini tidak terbuat dari biji salak asli melainkan dari tepung beras ketandan ubi yang dibentuk bulat-bulat kecil kemudian direbus dengan gula merah sehingga memiliki bentuk yang sama seperti biji salak. Kuliner yang dikenal di Pulau Jawa ini menjadi sedemikian populer di tanah Betawi.  Rasanya tak kalah enak dengan jenis kolak lainnya.

Selendang-Mayang

2. Es Selendang Mayang

Namanya mungkin tidak seterkenal es cendol bandung atau es dawet ayu . Namun Es Selendang Mayang ini merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang mulai punah.  Es ini sudah jarang sekali ditemukan di daerah Jakarta.

Related Posts
1 daripada 1,921

Sekilas memang Es Selendang Mayang ini mirip bubur sumsum, ongol-ongol atau kue lapis yang diberi es batu atau es serut.  Memang dari segi rasa pun mirip, karena sama-sama menggunakan tepung beras dan tepung sagu.

foodspotting.com
foodspotting.com

3. Asinan Betawi

Betawi memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera. Salah satunya adalah Asinan Betawi. Sayur mayur disiram kuah kacang plus kerupuk renyah, itulah asinan Betawi. Jajanan khas Jakarta ini bisa dijadikan camilan segar seperti salad, bisa juga jadi makanan yang mengenyangkan.

foto: istimewa
foto: istimewa

4. Kue Pancong

Sekilas kue pancong memang mirip kue pukis, karena cetakannya sama. Tetapi tentu saja adonannya berbeda. Kue pancong terbuat dari parutan kelapa, tepung beras, santan dan garam. Biasanya saat dihidangkan, kue pancong ditaburi topping gula pasir.

Kue ini terbilang masih banyak ditemui. Masih banyak tukang kue pancong yang keliling keluar masuk komplek. Harganya pun cukup murah.

Rangi

5. Kue Rangi

Kue rangi adalah salah satu jajanan  khas Betawi yang mulai punah. Sulitsekali menemukan penjual kue yang dibuatdari adonan kelapa parut dan tepung kanji yang dicetak dalam cetakan kue pancong/pukisuntuk dibakar kemudian disajikan dengankinca gula merah. Makanya tidak heran kalau banyak warga Jakarta yang tidak tahu keberadaan kue rangi.

Bagi Anda yang penasaran dengan sensasi kelezatan kue rangi ini. Silahkan berburu ke Pasar Mayestik, Jalan Sabang, Kota, atau festival-festival makanan di mal-mal.

Tinggalkan komen