Take a fresh look at your lifestyle.

Euro 2016 Tanpa De Oranje

0 952

foto: espn
foto: espn
Jakartakita.com – Perhelatan akbar kompetisi sepakbola antar negara Eropa yang akan berlangsung di Perancis tahun depan bertajuk Euro 2016 dipastikan tanpa Belanda. Pasalnya, De Oranje mengalami kekalahan 2-3 dari Republik Ceko dalam pertandingan kualifikasi terakhirnya di Grup A, yang berlangsung di Amsterdam Arena, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB.

Meski bermain di kandang sendiri, Belanda tertinggal tiga gol terlebih dahulu, yaitu gol-gol Pavel Kaderabek (24′), Josef Sural (35′), dan gol bunuh diri Robin van Persie (66’). De Oranje lalu membalas lewat Klaas-Jan Huntelaar (70′) dan Van Persie (83′). Republik Ceko bermain dengan 10 orang sejak menit ke-43 karena Marek Suchy menerima kartu merah.

Akibat kekalahan yang terjadi, Belanda tak beranjak dari peringkat keempat dengan 13 poin, tak lolos kualifikasi. Inilah untuk yang pertama kalinya sejak gagal lolos ke Piala Dunia 2002 Belanda tak ikut serta dalam sebuah turnamen sepakbola kelas dunia.

Tim asuhan Danny Blind ini tertinggal lima poin dari peringkat ketiga Turki, yang dini hari WIB tadi mengalahkan tamunya Islandia 1-0 berkat gol Selcuk Inan (89’). Turki lolos ke Euro 2016 sebagai peringkat ketiga terbaik dari seluruh grup. Lolos sebagai juara Grup A dengan 22 poin adalah Republik Ceko, disusul Islandia sebagai runner-up dengan 20 poin.

Dalam pertandingan penentuan di Amsterdam, Belanda sebetulnya memulai laga dengan positif. Baru 40 detik laga berjalan, Anwar El Ghazi, yang berada di lini depan Belanda bersama Huntelaar dan Memphis Depay, melakukan tembakan ke gawang Republik Ceko. Tapi kiper Petr Cech masih mampu menangkap bola yang mengarah kepadanya. Pada kesempatan berikutnya, umpan silang mendatar El Ghazi dapat diteruskan Wesley Sneijder dengan sebuah tendangan. Tapi bola melambung tinggi di atas mistar.

Related Posts
1 daripada 7,083

Sebuah serangan kemudian dilakukan Republik Ceko, bola gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Jeroen Zoet yang menjadi penjaga gawang utama Belanda setelah Tim Krul cedera. Si kulit bundar disambar Theodor Gebre Selassie, tapi tak tepat sasaran.

Republik Ceko lalu dapat mencetak gol pertama laga pada menit ke-24. Kaderabek menjebol gawang Belanda dengan sepakan kaki kanan setelah menerima umpan Jiri Skalak. Keunggulan Republik Ceko bertambah 10 menit sebelum turun minum.

Berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Gebre Selassie, bola dengan cepat diumpankan Thomas Necid sehingga Sural dapat melepaskan diri dari kawalan Virgil van Dijk. Sural kemudian menaklukkan Zoet dari jlarak dekat dengan sebuah tembakan terarah.

Melihat timnya tertinggal dua gol, Danny Blind memasukkan Van Persie menggantikan Jairo Riederwald pada menit ke-39. Dengan demikian, Belanda bermain dengan empat pemain berkarakter empat pemain depan. Republik Ceko kemudian kehilangan Suchy sekitar dua menit sebelum turun minum. Ia dihadiahi kartu merah karena menjatuhkan Depay yang telah berlari bebas.

Tapi keunggulan jumlah pemain tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Belanda. Van Persie malah mencetak gol bunuh diri pada menit ke-66, dua menit setelah Bas Dost menggantikan Van Dijk. Sundulannya saat berusaha menghalau bola malah menyebabkan si kulit bundar bersarang di gawang sendiri.

Pada menit ke-69 El Ghazi diganti Jeremain Lens. Satu menit kemudian, Huntelaar mencetak gol pertama Belanda dalam laga ini lewat sundulan terhadap umpan silang Sneijder. Van Persie lalu mencetak gol kedua De Oranje sekitar tujuh menit sebelum waktu normal usai. Ia menyelesaikan umpan sundulan Dost dengan menggunakan kaki kiri andalannya. Tapi setelah itu tak ada gol lagi tercipta, Belanda kalah dan tersingkir dalam kualifikasi.

Tinggalkan komen